Pengadilan Negeri Tembilahan Bersama LBH Inhil Buka Posyankum Gratis

Sabtu, 19 Jan 2019 - 12:23:00 WIB
Dibaca 347 Kali

INHIL,Senuju.com -  Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Inhil dan Pengadilan Negeri (PN) Tembilahan Klas II beri pelayanan konsultasi hukum secara gratis bagi seluruh masyarakat Kabupaten Inhil.

Tidak hanya memberikan pelayanan konsultasi hukum gratis untuk masyarakat, akan tetapi jika dibutuhkan LBH Inhil juga siap untuk memberikan pendamping hukum gratis kepada masyarakat miskin. Konsultasi dan pendamping hukum gratis tersebut di beri nama Pos Pelayanan Hukum (Posyankum) yang disediakan oleh PN Inhil.

Hal tersebut diungkapkan Kepala PN Tembilahan, Arie Satio Rantjoko SH MH kepada awak media usai penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara PN Tembilahan dan LBH Inhil, Jumat (18/1/2018) siang, di salah satu ruangan PN Tembilahan.

Di dalam MoU tersebut terdapat perjanjian antara LBH Inhil dan PN Tembilahan Kelas II mengadakan Layanan Posyankum, dalam artian PN dan LBH memberikan ruang kepada pemohon konsultasi dan bantuan hukum dalam bentuk:

a. Pemberian Informasi, Konsultasi, atau Advis Hukum.

b. Bantuan pembuatan dukomen hukum yang dibutuhkan.

c. Penyedian informasi daftar organisasi hukum sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang no 16 tahun 2011 tentang bantuan hukum atau organisasi bantuan hukum atau advokat lainnya yang dapat memberikan hukum secara cuma-cuma.

"Petugas pemberi layanan hukum adalah advokat/ sarjana hukum yang bertugas di Posyankum, pada tahun ini dipercayakan kepada LBH Tembilahan sebagai pelaksananya," kata kepala PN Tembilahan.

Kemudian ia menambahkan, Sejak MoU dimulai Layanan Posyankum sudah bisa dimulai dan dinikmati oleh seluruh masyarakat Kabupaten Inhil.

"Saya ucapkan terimakasih kepada LBH Tembilahan, yang telah bersedia memberikan pelayanan konsultasi hukum pada Posyankum di PN Tembilahan Kelas II. Ini merupakan suatu bentuk cara membantu masyarakat Kabupaten Inhil di bidang penanganan hukum," lanjutnya.

Kemudian Ketua LBH, Jumiardi SH MH berterimakasih atas kepercayaan PN yang memilih LBH sebagai mitra dalam pemberi pelayanan hukum kepada masyarakat dan LBH akan memanfaatkan kesempatan dan kepercayaan yang diberikan untuk memberi layanan konsultasi dan bantuan hukum dengan maksimal kepada masyarakat. Diakuinya pihak LBH juga memerlukan dukungan media untuk membantu mensosialisasikan, agar pelayan hukum secara gratis dapat diketahui seluruh masyarakat Kabupaten Inhil, sehingga yang ingin konsultasi hukum dapat dilayani LBH.

"Bagi masyarakat jangan sungkan untuk mengadu ke LBH Tembilahan, kami siap memberikan pelayanan konsultasi hukum secara gratis," sebut Jumiardi. 

Jumiardi menjelaskan bahwa walaupun antara konsultasi hukum dengan pendamping hukum itu berbeda namun tetap siap memberikan dua bentuk layanan tersebut, memang MoU ini hanya untuk konsultasi hukum saja, akan tetapi bagi masyarakat miskin LBH siap untuk memberikan layanan konsultasi dan pendampingan hukum dengan catatan melampirkan surat keterangan miskin dari desa/ kelurahan kemudian diketahui Camat setempat.

"Pelayanan konsultasi hukum  kita buka pada jam kerja, yaitu senin sampai kamis, setiap harinya akan ada dua orang advokat yg bertugas untuk memberi pelayanan hukum," imbuhnya.

Selain itu, Jumiardi juga menjelaskan pemohon bantuan hukum ialah pencari keadilan yang terdiri dari orang perseorangan atau sekelompok orang dengan datang langsung ke Layanan Posyankum yang berada di PN.

"Posyankum hanya menerima layanan hukumnya secara langsung di PN Tembilahan, kami himbau untuk masyarakat jangan ragu untuk konsultasi ke kami apapun itu permasalahannya," tutupnya.




TAG :
tinggalkan komentar
berita terkait
SENUJU.COM,INHIL - Bupati Inhil Drs HM Wardan MP mengunjungi dan menyerahkan bantuan kepada para korban kebakaran di Sungai Guntung Kecamatan Kateman, Selasa (19/2) siang. Kebakaran yang terjadi ...

Sekda Inhil Berkunjung ke Wisata Air Terjun 86 Kemuning

Minggu, 10 Feb 2019 - 15:48:00 WIB
SENUJU.COM - Rombongan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir yang di pimpin lansung Sekretaris Daerah (SEKDA)  Said Syarifuddin Berkunjung  objek wisata air terjun 86 yang berjarak sekitar 14 ...

Warga Bandar Alai Kari Idamkan Jalan Mulus

Selasa, 15 Jan 2019 - 15:13:00 WIB
KUANSING, Senuju.com - Warga Desa Bandar Alai Kari, Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi, sangat mengharapkan jalan di desanya mah miliki jalan yang bagus. Pasalnya jalan ...
INHIL,Senuju.com - Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Komunitas Emak-emak Sehat Kabupaten Inhil yang ke-5 digelar beberapa kegiatan, salah satunya Festival Mancokan (Merujak). Dalam festival mancokan ini ...
KUANSING, Senuju.com - Nasip malang menimpa dua beradik yakni Prastian Adi Putra (9) dan adiknya Febrian Kopani (7).Dua kakak adik ini pergi memancing namun tanpa sepengetahuan ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED