Gelar Audiensi Bersama Kemenristek Dikti RI, Bupati Inhil Sampaikan Potensi Perkelapaan Inhil

Sabtu, 19 Jan 2019 - 12:00:00 WIB
Dibaca 406 Kali

Inhil,Senuju.com - Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan turunan kelapa yang ada di Kabupaten Inhil, Bupati Inhil Drs HM Wardan MP melakukan audiensi dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEK DIKTI) RI yang diwakili Dr Ir Jumain Appe MSi (Direktur Jendral Inovasi dan Penguatan) bersama Eka Gandara (Kasubdit Kemitraan Strategis dan Wahana Inovasi Kemenristek Dikti), di Ruang Rapat Pulau Sepa 2 Hotel Mercure Pantai Indah Ancol Jakarta Utara, Jum’at (18/01/2019).

Pada kesempatan tersebut Bupati Wardan didampingi Sekda, Asisten II, Kepala Bappeda beserta Kabid, Kadis Koperasi dan UKM,  Kadis Perkebunan, Plt Kadis Perindag, Kabag Ekonomi & SDA serta Kasubbag. 


“Ke depan Kabupaten Indragiri Hilir akan dijadikan Klaster Kelapa di Indonesia dengan 3 hal; mendorong kreativitas, melakukan inovasi, interprenership,” ungkap Dirjen Kemenristek Dikti.

Dirinya menambahkan, Kelapa semuanya bisa dimanfaatkan mulai dari daging sampai pohonnya. Pihaknya mendorong kelapa menjadi produk unggulan Nasional.

"Untuk itu kita harus memberikan pengetahuan kepada masyarakat sehingga bisa menguntungkan ekonomi masyarakat dengan tujuan mendorong kesejahteraan masyarakat dengan menggunakan Konsep dari hulu hingga hilir. Untuk itu, Kemenristek Dikti RI  akan Daerah-daerah yang berpotensi bisa dikembangkan kedepanya”, Tutup Dirjen.

Sementara itu, Bupati Wardan menyampaikan bahwa Kabupaten Inhil merupakan Kabupaten terluas dari 12 kabupaten/ kota yang ada di Provinsi Riau. Dijelaskannya dengan wilayah seluas itu masyarakat Inhil sebagian besar bergantung pada kelapa.

Bupati menambahkan ada 1500 turunan kelapa menurut Prof Wisnu. "Disamping, permasalahan yang dihadapi masyarakat sebagai petani kelapa, diantaranya;  Kondisi kelapa yang sudah tua. Dengan ketergantungan masyarakat inhil kepada Komunitas kelapa, kami sangat mengharapkan Adanya inovasi baru dari Pemerintah Pusat," terangnya. 

Sekda H Said Syarifuddin SE MP MSn yang ikut mendampingi Bupati saat audiensi dengan Dirjen Kemenristek Dikti RI menambahkan Kabupaten inhil merupakan wilayah yang sangat strategis karena berbatasan langsung dengan Negara Singapore dan Malaysia. "Dari segi ekonomi ini sangat menguntungkan," tuturnya. 

Audiensi ini turut dihadiri, Prof Wisnu dan beberapa Pelaku Usaha berbahan dasar kelapa. 

Usai audiensi, Bupati Wardan menyerahkan cenderamata dan buku kepada Dirjen Inovasi Penguatan Kemenristek Dikti RI.




TAG :
tinggalkan komentar
berita terkait
SENUJU.COM,INHIL - Bupati Inhil, HM Wardan pimpin penyelesaian Somasi kredit kelompok tani RSTM dan GHS II oleh PT BNI di 3 Kecamatan, Rabu (20/2/2019) di Aula ...
SENUJU.COM,INHIL - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan meminta masyarakat untuk bersabar menunggu tahapan perbaikan 7 ruas jalan dalam Kota Tembilahan yang akan segera dilaksanakan oleh Pemerintah ...
SENUJU.COM, INHIL - Kwartir Cabang (Kwarcab) 04.02, Gerakan Pramuka Inhil menggelar Apel Gelar Senja, di Halaman Kediaman Dinas Bupati Inhil, Jalan Akasia Nomor 1 Tembilahan, Kamis ...
SENUJU.COM, INHIL - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan mengemukakan komitmennya untuk terus mencarikan solusi atas problema harga kelapa masyarakat yang disampaikannya saat menjadi pembicara pada forum ...
SENUJU.COM, INHIL - Bupati Kabupaten Inhil mengikuti Apel 3 Pilar Gabungan di lapangan hijau terbuka, Jalan HM Amin, Kota Rengat, Rabu (13/2/2019) pagi. Apel 3 pilar ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED