Rosi Atali : Pemkab Kuansing Dinilai Kurang Serius Lobi Pusat

Rabu, 5 Des 2018 - 10:26:00 WIB
Dibaca 441 Kali

TELUK  KUANTAN,  SENUJU.COM - Anggota DPRD Kuansing, Rosi Atali, menilai selama ini Pemkab Kuansing lemah dalam melobi pemerintah pusat. Hal ini terbukti kecilnya anggaran pusat yang dapat diserap oleh Pemkab Kuansing.

"Salah satu kelemahan pemerintah kita adalah melobi pusat kurang optimal," kata Rosi kepada wartawan, Selasa (04/12/2018), di Kota Telukkuantan.

Menurutnya, banyak program dan anggaran dari pemerintah pusat yang bisa dimanfaatkan. Ia mencontohkan dana di Kementerian Pertanian yang bisa diserap daerah mencapai puluhan triliun.

"Ironisnya, kita hanya dapat kurang lebih Rp1 miliar pada rencana kerja tahun anggaran APBN sub sektor perkebunan tahun 2019," katanya.

Anggaran tersebut dirinci Rosi, untuk dua program, diantaranya pasca panen tanaman karet di Kuansing 3 kelompok tani sebesar Rp256.925.000,- dan fasilitasi pengolahan karet sebanyak 3 unit Rp869.790.000,-.

Tidak hanya itu, katanya, lambannya Pemda Kuansing juga diperparah kepedulian anggota DPRD Provinsi Riau Dapil Kuansing yang kurang dalam memperjuangkan daerahnya. 

"Kepedulian dewan di provinsi kurang. Dinas terkait juga kurang giat mengambil dana di pusat," katanya.

Kondisi itu juga terlihat dari kecilnya bantuan terhadap pertanaman akibat bencana banjir beberapa waktu lalu yang menimpa Kuansing.

Dijelaskan Rosi, bencana alam banjir yang terjadi di Kuansing menyebabkan padi sawah seluas 3.646 hektar terendam banjir dan mengalami puso sekitar 2.024,77 hektare.

"Sementara yang dibantu pusat kepada kelompok tani sesuai calon petani dan calon lokasi (CPCL) hanya 1.082,89 hektar," ujarnya.

Untuk itu masa mendatang, Rosi berharap Pemkab Kuansing getol melobi pemerintah pusat agar mengucurkan bantuannya ke Kuansing. Dengan begitu pembangunan di Kuansing bisa berjalan dengan baik.

"Tujuannya demi pembangunan di Kuansing dapat berjalan sesuai harapan," katanya.

Ia juga berharap anggota DPRD Provinsi dari Dapil Indragiri Hulu dan Kuansing hendaknya juga memperjuangkan khususnya anggaran pertanian dan perkebunan untuk Kuansing pada APBD Provinsi.

"Karena itu dapat membantu meringankan APBD kuansing dalam membangun sektor pertanian," katanya. (Pedri)




TAG :
tinggalkan komentar
berita terkait

Sah, Radio Kuansing FM Siap Mengudara

Rabu, 19 Des 2018 - 09:53:00 WIB
TELUK  KUANTAN, Senuju.com - Radio Kuansing FM legal sudah untuk mengudara atau on air guna memberikan informasi kepada masyarakat Kuantan Singingi, kelegalan itu di dapati setelah ...

Pemkab Kuansing Tahun 2019 Terima DIPA Rp1,43 Triliun

Selasa, 18 Des 2018 - 14:27:00 WIB
TELUK KUANTAN, Senuju.com - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) pada Tahun anggaran 2019 mendatang menerima alokasi Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) sebesar Rp 1,43 T. DIPA ...
TELUK KUANTAN,  SENUJU.COM - Ketua DPRD Kuantan Singingi, Andi Putra SH MH memastikan, bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau tahun ...
INHIL, Senuju.com - Wakil Bupati Indragiri Hilir(Inhil) H.Syamsudin Uti Meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel(PLTD) kapasitas 80 Kw dan Pemasangan Tiang Listrik ,Jaringan serta Travo di Dusun ...
KUANSING, Senuju.com - Pembangunan dermaga dan gazebo di objek pariwisata air terjun batang koban tinggal menunggu tahap akhir. Pembangunan yang di bangaun  dari Dana Alokasi Khusus ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED