Dinas Pertanian Kuansing Akan Beri Bantuan Terhadap Masyarakat yang Lahan Taninya Terkena Banjir

Senin, 12 Nov 2018 - 12:32:00 WIB
Dibaca 153 Kali

TELUK KUANTAN - SENUJU.COM : Dinas Pertanian Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Emmerson menyatakan sudah mengetahui berapa luasnya lahan persawahan masyarakat Kuansing yang terdampak paska banjir.

Emmerson mengatakan, untuk luas lahan yang berdampak banjir luasnya 3.200 Hektar untuk tanaman padi.

" Iya, ini baru data yang kita terima pasca banjir," kata Emmerson.

Namun kata Emmerson saat ini kita belum bisa memastikan betapa luas lahan persawahan masyarakat yang di katakan Puso (gagal panen).

"Tiga hari kedepanya baru bisa di pastikan puso atau tidaknya, dan mana tanaman padi yang tidak rusak, atau hanya berdampak saja dan tidak rusak namun butuh pemulihan pasca banjir saja," jelasnya.

Lebih lanjut Emmerson selaku Kadis mengatakan, saat ini Dinas Pertanian akan prioritaskan perhatian khusus nantiknya pada tanaman padi.

"Padi fokus kita, karena tanaman padi yang lebih luas dan memasuki musim tanam sehingga kita akan pioritaskan pasca banjir ini," pungkasnya.

Terkait dampak yang di akibatkan banjir juga berdampak pada tanaman Heltikultura, yang juga mengakibatkan kerusakan seluas 25 Hektar, dan ini juga akan kita lakukan peninjauan ke lokasi untuk melihat berapa kerusakan nantiknya.

"Mengenai kerusakan pasca banjir ini sudah kita laporkan ke pimpinan di hari pertama banjir kemaren, bahkan kita sudah laporkan ke pihak pertanian Provinsi Riau," jelasnya.

Selain itu, Dinas Pertanian Akan Targetkan Program Masa Tanam Dua Kali Setahun.

Musim tanam dua kali setahun sudah menjadi program serius oleh Dinas Pertanian Kuansing kedepannya. Hal ini di sampaikan Kepala Dinas Pertanian Emmerson kepada Senuju.com di ruang kerjanya Senin (12/11/2018).

"Program musim tanam dua kali setahun ini akan terus kita gencarkan kedepanya kepada masyarakat kita," kata Emmerson.

Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan beras di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) kedepannya.

Selama ini kebutuhan beras kita masih kurang jika di lakukan sekali setahun, namun kita yakin jika program tanam dua kali setahun ini akan mememenuhi kebutuhan di Kuansing.

"Jika bisa kita menjadi sumber padi nantinya di Riau ini," harapnya.

Mengatasi Gagal Panen, Dinas Pertanian Kuansing Akan Kaji Musim Tanam.

Meluapanya sungai Batang Kuantan beberapa hari kemaren membuat Kepala Dinas Pertanian Kuansing akan membuat terobosan baru terhadap musim tanam padi di kuansing kedepanya.

Program ini bertujuan untuk mengurangi tidak terjadi gagal panen yang sudah pernah terjadi beberapa akhir ini.

"Di musim tanam kedepannya kita akan kaji berdasarkan cuaca musiman ini, kan kejadia ini ukan tahun ini saja, oleh sebab itu kita akan pelajari cuaca memasuki musim tanam kedepanya," kata Emmerson.

Selanjutnya kata Emmerson, Dinas Pertanian juga akan merencanakan pembanguan persawahan modren ini khusu lahan pertanian yang sering terendam banjir.

Dibidang sektor lain, pemerintah akan terus mengembangkan kelompok tani yang mau membudidayakan tanaman lain, seperti bawang merah, cabe dan lain sebagainya.

Baru-baru ini kita baru meaksanakan panen raya bawang merah, selama ini masyarakat kita tidak percaya kalau bawang dan cabe ini bisa berkembang di Kuansing ini, namun beberapa kelompok tani sudah membuktikan kalau tanaman seperti itu bisa di Kuansing.

" Ini sudah kita buktika ,bahakn hasiknya tak kala dengan daerah Sumbar, tentu dnegna hal ini bisa meningkatka perekonomian masayarakat kita sendiri," cetusnya.

Bukan sektor pertanian saja, di sektor peternakan masyarakat kita juga sudah membentuk kelompok tani yang sudah mereka terima beberapa hari yang lalu.

"Di bulan kemaren ada 10 kelompok yang suda menerima bantuan kerbau, dan satu kelompok menerima 7 ekor peranggota," jelasnya. (***)


Advertorial Pedri 




TAG :
tinggalkan komentar
berita terkait
TELUK KUANTAN, SENUJU.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi DR.Dianto Mampanini,SE.MT menyerahkan bantuan banjir yang kedua secara simbolis bertempat di Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan ...
KUANSING, Senuju.com- Bupati Kuansing, Drs H Mursini,MSi akhirnya mencabut laporannya di kepolisian atas penghinaan seorang pemuda, pemilik akun facebook Wandy Juo Nye kepada dirinya. Pemilik Akun Wandy ...
TELUK KUANTAN, SENUJU. COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuansing, Dr Dianto Mampanini SE MT meminta kepada seluruh Organinsasi Perangkat Daerah (OPD) supaya mempunyai data ...
INHIL, Senuju.com - Berbagai musibah dan bencana alam yang terjadi beberapa waktu belakangan ini di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), hendaknya diambil hikmahnya dan dapat dijadikan pembelajaran ...
INHIL, Senuju.com -Wakil Bupati Indragiri Hilir H Syamsuddin Uti memberikan bantuan kepada para korban angin puting beliung yang memporak porandakan rumah masyarakat yang berada di ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED