Puluhan Masa dari Soeara Lakukan Aksi Demo Depan Pengadilan Negeri Pekanbaru

Kamis, 20 Sep 2018 - 14:07:00 WIB
Dibaca 406 Kali

PEKANBARU - SENUJU.COM : Sekitar puluhan orang menggelar aksi demo di depan Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Kamis (20/9/2018) siang. Para aksi demo tergabung dari Solidaritas Pemuda, Mahasiswa dan Masyarakat (Soeara) Bengkalis.

Unjuk rasa yang dilakukan oleh Soeara, terkait kasua permasalahan dugaan pelanggaran Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE), pemberitaan Toro, yang selaku pimpinan media HarianBrantas.co.id, dengan Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, yang saat ini, kasus tersebut sudah berjalan di PN Pekanbaru.

Para aksi demo mendukung penuh hasil keputusan majelis hakim. Dari pantauan Senuju.com, dalam orasinya, masa menuntut agar Tiro segera ditahan, yang diduga telah menyebarkan berita hoak rentang Bupati.

"Tahan Toro segera, karena telah menyebarkan berita hoak," kata salah satu masa akai demo.

Sementara ini, Humas Soeara Bengkalis, Tata Haira mengatakan kepada Senuju.com, akan mendukung penuh hasil majelis hakim di persidangan.

"Apapun keputusan majelis hakim, tetap kita dukung dan terima. Tentunya dengan proses yang benar," ujar Humas Soeara Bengkalis, Tata Haira.

Lanjut Tata menjelaskan, ia sangat menyayangkan adanya dugaan intimidasi terhadap para saksi yang saat itu kejadiannya setelah mengikuti sidang didepan majelis hakim. Sejauh ini, proses persidangan telah bergulir dengan menghadirkan dua orang saksi dari pihak Bupati.

"Usai persidangan semalam itu, ada saksi dari pihak kami yang lari keluar, seperti ada dugaan intimidasi, kenapa hal seperti itu bisa terjadi didalam pengadilan," ujarnya.

Sambung Tata, kedatangan ia beserta rekan - rekan lainnya, ingin mengawal langsung proses persidangan tersebut, suoaya tidak terjadi seperti sebelumnya.

"Hadirnya kita disini agar persidangan ini berjalan tertib dan aman tidak ada lagi kendala selama proses persidangan. Tetap kita dukung keputusan majelis hakim sampai tuntas," sebutnya.

Selain itu, masa juga mendukung penuh atas langkah yang ditempuh oleh Buoati Bengkalis, Amril Mukminin, terkait dugaan tindak pidana pelanggaran Undang-Undang ITE yang dilakukan Toro.

"Karena ini sudah terjadi, kita minta kepada pihak terkait agar terdakwa ini segera ditahan. Dengan sekarang ini, dia (Toro,red) yang masih berada diluar bisa saja leluasa mengkonsolidasi dan sebagainya," pungkasnya.

Terpisah, Humas Pengadilan Negeri Martin Ginring juga akan menyampaikan maksud dan tujuan masa ke majelis hakim, yang menangani kasus tersebut.

"Apa yang disampaikan hari ini, akan kita lanjutkan kepada majelis hakim yang bersangkutan. Dimana perkara ini sedang berlangsung jangan ada dinodai dan harus netral. Tunggu aja tanggal mainnya," sebut Martin.

Martin juga mengharapkan majelis hakim dapat memutuskan hasil yang bermartabat. Sehingga persidangan dapat berjalan tanpa dinodai.

Terkait tidak adanya pengamanan dalam proses persidangan yang saat berlangsungnya mendengarkan keterangan saksi dalam sidang. Saksi sempat mengalami trabel, diduga telah terjadi intimidasi, Martin lantas membantahnya.

"Setiap persidangan selalu stanbay pihak pengamanan dari kepolisian. Mungkin yang semalam terjadi itu diluar dari jangkauan pengadilan sendiri. Jika benar ada hal tersebut, ini menjadi pelanggaran yang baru dan akan memprosesnya. Hal yang sifatnya anarkis tidak dibenarkan oleh hukum," pungkas Martin. (***)



Laporan : Dermawanayah




TAG :
tinggalkan komentar
berita terkait
PEKANBARU - SENUJU.COM : Penyidik Subdit ll Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau, akan memanggil Jony Boyok, yang diduga telah melakukan pencemaran nama baik ...
PEKANBARU - SENUJU.COM : Selama empat bulan, ratusan karyawan pekerja pabrik karet PT. Riau Crumb Rubber Factory (Ricry), belum mendapatkan gaji.Berbagai upaya telah dilakukan ratusan ...

Polda Riau Belum Panggil Sariantoni

Senin, 8 Okt 2018 - 08:23:00 WIB
PEKANBARU - SENUJU.COM : Terkait kasus dugaan penipuan dan penggelapan hasil panen warga di  Kabupaten Rokan Hilir, saat ini masih berlanjut.Kuasa hukum koperasi KSB, Abu ...
PEKANBARU - SENUJU.COM : Kejaksaan Agung menilai baik Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru, se - Indonesia, antar Kejaksaan tipe A, yang tertuang didalam surat Pidsus Jaksa ...
PEKANBARU - SENUJU.COM : Diduga supir mengantuk, sebuah mobil pengangkut bahan bakar minyak (BBM) pertamina mengalami kecelakaan di Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru tepatnya di Fly ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED