Mulyadi, SE MSi

Genjot PAD, Dispenda Kuansing akan Laksanakan Pemungutan PBB Keliling

Air Terjun Guruh Gemulai Satu-satunya Pemasukan PAD di Sektor Pariwisata
Rabu, 11 Jul 2018 - 14:13:00 WIB
Dibaca 323 Kali

TELUK KUANTAN, SENUJU.COM-Pemerintah Kabupaten Kuansing (Kuantan Singingi) selalu berupaya meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah) dari berbagai sektor setiap tahunnya. Caranya antara lain dengan memberikan pelayanan maksimal, selain juga melakukan sosial kepada masyarakat --terutama para WP (wajib pajak)-- untuk membayar pajak.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kuansing, Mulyadi SE MSi kepada Senuju.Com di ruang kerjanya,Rabu (10/07/2018) mengakui sejauh ini kesadaran masyarakat masih relatif masih kurang dalam membayar pajak, baik PBB (pajak bumi dan bangunan), maupun pajak restoran dan hotel.

Terkait dengan pembayaran PBB tahun 2018 ini, menurut Mulyadi, pihaknya sudah merencanakan pembayaran PBB akan diserahkan langsung ke pemerintahan desa masing-masing. ''Selama ini kan kita selalu koordinasi dengan pihak kecamatan, dan tahun ini kita langsung ke desa,'' cetusnya.

Kata Mulyadi, program yang langsung ke pemerintahan desa ini sudah terbukti efektif. Ia menunjuk contoh, sehari saja di Desa Beringin Teluk di Kecamatan Kuantan Tengah berhasil mengutip hasil PBB senilai Rp3,5 juta. ''Ini kan hasil yang lumayan bagus,'' katanya.

Sistem Pembayaran PBB Keliling

Demi meningkatkan PAD di Kabupaten Kuantan Singingi, sejalan dengan itu Dispenda Kuansing akan melakukan sistem jemput bola, yakni dengan cara  menggunakan mobil keliling untuk terjun langsung ke desa-desa.

''Kita akan selalu menggesa untuk meningkatkan PAD kita di sektor pajak. Jadi rencana 2018 ini kita akan melakukan pemebayaran PBB keliling,'' jelasnya lagi.

Jajaran Dispenda berharap kepada seluruh masyarakat Kuansing agar membayar pajak tepat waktu agar nantinya tidak ada penumpukan pembayaran PBB. ''Ini harapan kita selaku pemerintah,'' ujarnya.


Satu-satunya Penghasil PAD

Sungguh luar biasa salah satu objek wisata di Kuansing, yakni objek wisata Air Terjun Guruh Gemulai yang terletak di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, yang merupakan salah satu yang memberikan kongtribusi ke PAD Kuansing.

Pernyatan ini dikatakan oleh Plt Kepala Dinas Pendapatan Derah (Dispenda) Mulyadi, yang menyebutkan objek wisata itu merupakan salah satu sumber pemasukan PAD di Kuansing di sektor pariwisata.
 
''Terkait pemasukan dari sektor objek wisata Kuansing, setahun ditargetkan Rp100 juta, namun di tahun kemaren Alhamdulillah pencapaian di anggka 81,89 persen dengan total pemasukan Rp81,8 juta per tahun. Ini tentu menjadi pendapatan untuk Kuansing,'' ungkapnya.

Namun, kata Mulyadi, mengenai distribusi di sektor wisata ini masih belum berjalan maksimal dikarenakan terkait masalah perkir dan lainya, yang masih belum terkelola dengan baik.

''Saya yakin jika dikelola secara maksimal baik karcis, maupun parkir, saya rasa akan melebihi target yang Rp100 pertahun tadi. Soalnya masih banya pengunjung yang masih belum membayar untuk masuk objek wisata tersebut,'' tutupnya. (Pedri/Advertorial)






TAG :
tinggalkan komentar
berita terkait
TELUK KUANTAN,  SENUJU.COM - Ketua DPRD Kuantan Singingi, Andi Putra SH MH memastikan, bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau tahun ...
INHIL, Senuju.com - Wakil Bupati Indragiri Hilir(Inhil) H.Syamsudin Uti Meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel(PLTD) kapasitas 80 Kw dan Pemasangan Tiang Listrik ,Jaringan serta Travo di Dusun ...
KUANSING, Senuju.com - Pembangunan dermaga dan gazebo di objek pariwisata air terjun batang koban tinggal menunggu tahap akhir. Pembangunan yang di bangaun  dari Dana Alokasi Khusus ...

Kunjungan Kerja Kominfo Kuansing Ke Kominfo Siak

Jumat, 7 Des 2018 - 15:30:00 WIB
KUANSING, Senuju.com -  Kepala Dinas Komunikasi  dan Informasi (Kominfo) Kuantan Singingi (Kuansing), H. Syamsir Alam berkunjung ke Kominfo Kabupaten Siak, di dampingi Kabid Komunikasi, Kasi ...
BATU SANGKAR,  Senuju.com - Dalam rangka mengembangkan ilmu tentang Tata kelola Penanganan Bencana dan Kalangan masyarakat miskin, Kamis jajaran Komisi C DPRD Kuansing, melakukan kunjungan ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED