Drs. Linskar

Ormas dan LSM di Kuansing Banyak, Kesbangpol Himbau Para Kades Tanyakan Legalitas

Selasa, 10 Jul 2018 - 14:28:00 WIB
Dibaca 294 Kali

TELUK KUANTAN, SENUJU.COM-Organisasi kemasyarakatan (ormas) di Kabupaten Kuantan Singingi saat ini masih menjamur. Perkembangan Ormas ini bukan tidak mungkin menyulutkan kekhawatiran dikarenakan masih banyak muncul Ormas-Ormas yang belum memiliki izin.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Dinas  Kesbangpol Drs Linskar kepada Senuju.Com, Selasa (09/07/2018), yang membenarkan bahwa Ormas dan LSM saat ini di Kuansing sudah banyak.

''Ya, data sama kita saja di Kesbangpol ada sebanyak 130 lebih Ormas dan LSM di Kuansing. Ini yang terdata sama kita saja,'' kata Linskar.

Kata Linskar lagi, dari ratusan Ormas dan LSM ini tentu sudah ada yang sudah tidak aktif lagi atau istilahnya ada Ormas dan  LSM sudah pernah mendaftarkan, namun tidak pernah melakukan perpanjangan izin.

''Fenomena ini yang sering terjadi di sejumlah Ormas dan LSM yang ada di Kuansing. Istilahnya, jika ada kepentingan, Ormas dan LSM ini muncul,'' ungkap Linskar.

Selanjutnya Linskar menjelaskan, terkait masalah legalitas Ormas dan LSM tentu ada aturannya, seperti memiliki visi dan misi, profil, dan payung hukumnya, ''Ini semua harus dilengkapi,'' cetusnya.

Kades Jangan Cepat Percaya


Kepala Dinas Kesbangpol Kuansing Linskar menghimbau kepada seluruh kepada desa se-Kuansing jangan terlalu cepat percaya jika ada Ormas atau LSM yang datang ke desa-desa untuk melakukan pemeriksaan.

Pasalnya, kepada desa harus mengetahui juga apakah Ormas atau LSM ini terdaftar atau tidak di Kesbangpol.

''Kita selalu menghimbau kepada kepala desa se-Kuansing agar mempertanyakan hal ini, kadang di saat pelatihan dan seminar kita selalu menyampaikan, namun kebanyakan yang mengikuti acara bukan kades, melainkan perangkatnya,'' pungkasnya.

Linskar mengharapkan kepada Kades jika ada LSM yang datang ke desa-desa yang tidak jelas agar melaporkan kepada Kesbangpol supaya jangan ada tekanan oleh pihak LSM, Namun jika LSM dan Ormas itu resmi ada izin dan mereka mempertanyakan sesuatu hal, ya, harus dilayani agar mereka bekerja sesuai tupoksi mereka.

''Ini sudah kerja mereka, kan mereka juga berhak mengawasi, kan semua pihak berhak untuk mengawasi,'' katanya.

Selalu Menerima Jika Ada yang Mendaftar

Aturan untuk mendirikan Ormas dan LSM sudah diatur oleh pemerintah selama ini, namun tentu memiliki Kriteria yang harus dipenuhi oleh Ormas dan LSM tersebut.

Hal ini di sampaikan oleh Kepala Dinas Kesbangpol Kuansing Linskar. Dikatakan, jika ada masyarakat yang ingin membentuk Ormas dan LSM secara tertulis, kita terima selagi segala persyaratan yang mereka ajukan itu memenuhi aturan yang sudah ditentukan pemerintah.

''Kita tentu akan menerima jika ada Ormas dan LSM yang datang membuat izin Ormas dan LSM, namun harus memenuhi syarat,'' kata Linskar.

Tambah Linskar, jika dalam pengurusannya terbukti tidak memenuhi syarat, tentu kita belum bisa menerbitkan izin dan kita harus tahu juga di bidang mana ormas ini bergerak.

''Kan banyak kejadian, dia katakan Ormas dan LSM di bidang sosial, namun di lapangan memintaku DPA ini dan itu-lah. Tentu ini tidak sesuai nantiknya, dan ini juga harus dipahami oleh Ormas dan LSM,'' tutup Lingkar. (Pedri/Advertorial)






TAG :
tinggalkan komentar
berita terkait

Resmi Mencaleg Juprison Ambil Cuti Wartawan

Jumat, 21 Sep 2018 - 14:28:00 WIB
TELUK KUANTAN - SENUJU.COM : Sekretaris PWI Kuantan Singingi, periode 2017-2020, Juprison, S.Sos, resmi mengambil masa cuti, setelah KPU Kuansing, mengumumkan DCT Caleg 2019, Jumat ...
TELUK KUANTAN - SENUJU.COM : Pesta politik 2019 sudah mulai terasa di kalangan msyarakat, hal ini di perkuat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuantan ...

Bawaslu Temukan 834 Pemilih Ganda di Meranti

Selasa, 11 Sep 2018 - 17:08:00 WIB
SELATPANJANG - SENUJU.COM : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Kepulauan Meranti menemukan adanya kegandaan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU Meranti sebanyak 834 pemilih."Setelah dilihat ...

Polda Riau Lakukan Deklarasi Pemilu 2019 Damai

Selasa, 4 Sep 2018 - 18:57:00 WIB
PEKANBARU, SENUJU.COM - Mengangkat tema "Pemilu 2019 aman, damai, sejuk dan kondusif", pihak Polda Riau bersama dengan TNI, serta Kejaksaan dan jajaran Pemerintah Provinsi Riau, ...
PEKANBARU, SENUJU.COM-Demi menjaga rasa aman dari ratusan massa yang menolak kedatangan Neno Warisman ke Pekanbaru, sejak tadi siang. Aparat kepolisian tidak memberikan izin untuk keluar ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED