Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat Desa (PMD), Drs Napisman.

Dari Pencairan Dana Desa, Pelayanan Berbasis Internet Hingga Himbauan Untuk Pelayanan Desa di Kantor

Kamis, 31 Mei 2018 - 11:02:00 WIB
Dibaca 491 Kali

TELUK KUANTAN - SENUJU.COM : Anggaran Dana Desa di Kabupaten Kuantan Singingi, tahun anggaran 2018 tahap 1 (satu), dipastikan sudah di salurkan secara keseluruhan ke desa-desa se-Kuansing. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat Desa (PMD), Drs Napisman.

"Untuk anggaran desa di tahap pertama sudah tuntas kita salurkan seratus persen ke desa-desa se-Kuansing. Untuk dana ADD senilai 38 Miliar sedangkan dana DD senilai 33 Miliar. Namun untuk dana DD penerima perdesa berbeda-beda berkisar antara Rp700 juta sampai Rp800 juta perdesa," jelas Napisman, saat dijumpai Senuju.com di kantornya, Rabu (30/05/2018).

Saat ini, sambung Napisman, sudah banyak pula pemerintahan desa yang sudah mengajukan anggaran tahap kedua. Ini katanya, mengingat kegiatan pembangunan tahap satu di desa-desa yang sudah berjalan dan memerlukan anggaran untuk kelanjutannya.

"Ya, sudah banyak saat ini yang mengajukan pencairan dana tahap kedua. Sebab mereka lagi membutuhkan anggaran untuk kelanjutan pelaksanaan pembangunan di tahap satu," kata Napisman.

Untuk mendukung terlaksananya program di Bidang Pembangunan Masyarakat Desa, Dinas Sosial Kabupaten Kuansing, papar Napisman pula, saat ini bidangnya sudah memanfaatkan teknologi berbasis internet atau online. Melalui aplikasi yang disiapkan, terangnya, pelayanan, pelaporan, pengelolaan aset desa, serta berbagai hal lainnya dapat lebih mudah dilakukan.

"Unntuk pelayanan dan laporan bidang PMD ini kita sudah menggunakan layanan online dengan aplikasi. Melalui aplikasi tersebut, laporan akhir, pengelolaan aset desa dan lainnya, dapat dilakukan," papar  Napisman.

Didukung dengan aplikasi berbasis online ini, ujar Napisman, pemindahan aset dari desa ke pihak lain juga lebih mudah. Apalagi untuk laporan keuangan, dikatakan Napisman, aplikasi yang telah berjalan itu sangat membantu.

"Ppemindahan aset dari desa ke pihak lain, bisa di pantau secara online. Laporan keuangan juga menggunakan aplikasi ini. Alhamdulillah selama ini sudah berjalan dengan baik," ucap Napisman.

Sementara itu, mengenai masih adanya kantor desa yang tidak beroperasi sesuai ketentuan, Napisman menegaskan bahwa pihaknya sudah menegur pihak desa. Sebab katanya, pelayanan masyarakat memang harusnya dilakukan di kantor.

"Kita sudah memberitahu kepada pemerintah desa untuk membuka kantor desa sesuai jam kantor. Pelayanan desa ini kan hanya di kantor saja bukan di rumah untuk melayani masyarakat. Kecuali mengenai hal-hal yang urgen baru bisa di berikan terutama menyangkut kepentingan yang mendesak. Seperti jika ada masyarakat yang kecelakaan dan memintai surat keterangan dari kepala desa dan ini kan merupakan urgen tentu bisa dilayani di rumah," tutup Napisman.(Advertorial)

Laporan : Pedrianto Umar





TAG :
tinggalkan komentar
berita terkait
INHIL, Senuju.com - Wakil Bupati Indragiri Hilir(Inhil) H.Syamsudin Uti Meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel(PLTD) kapasitas 80 Kw dan Pemasangan Tiang Listrik ,Jaringan serta Travo di Dusun ...
KUANSING, Senuju.com - Pembangunan dermaga dan gazebo di objek pariwisata air terjun batang koban tinggal menunggu tahap akhir. Pembangunan yang di bangaun  dari Dana Alokasi Khusus ...

Kunjungan Kerja Kominfo Kuansing Ke Kominfo Siak

Jumat, 7 Des 2018 - 15:30:00 WIB
KUANSING, Senuju.com -  Kepala Dinas Komunikasi  dan Informasi (Kominfo) Kuantan Singingi (Kuansing), H. Syamsir Alam berkunjung ke Kominfo Kabupaten Siak, di dampingi Kabid Komunikasi, Kasi ...
BATU SANGKAR,  Senuju.com - Dalam rangka mengembangkan ilmu tentang Tata kelola Penanganan Bencana dan Kalangan masyarakat miskin, Kamis jajaran Komisi C DPRD Kuansing, melakukan kunjungan ...
TEMBILAHAN - SENUJU.COM : Kabar gembira bagi masyarakat Indragiri Hilir (Inhil). Mulai hari ini, Kamis (6/12/2018) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Inhil kembali menggelar ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED