Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen.

Dirjenbud: Jangan Gado-gado, Dukung Penuh Riau Jadi Pusat Kebudayaan Melayu

Selasa, 19 Des 2017 - 09:41:08 WIB
Dibaca 3368 Kali

PEKANBARU, SENUJU.COM - Dukungan Pemerintah Pusat menjadi Riau sebagai Pusat Kebudayaan Melayu di Asia Tenggara Tahun 2020 tidak tanggung-tanggung. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI meminta dukungan penuh seluruh provinsi di Indonesia untuk mengejar target tersebut.

Hal itu tertuang dalam Rapat Evaluasi, Sinergisitas dan Sinkronisasi antara Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI bersama seluruh kepala dinas kebudayaan se-Indonesia, di Jakarta, Senin (18/12/2017) kemarin.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen yang turut hadir dalam rapat tersebut mengapresiasi langkah dan kebijakan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI untuk menguatkan kearifan lokal, terutama terkait kebudayaan di masing-masing provinsi.

"Dukungan itu begitu jelas dan nyata ketika seluruh provinsi diminta mendukung target kita dalam menjadikan Riau sebagai Pusat Kebudayaan Melayi di Asia Tenggara," jelas Yoserizal melalui sambungan telepon, Selasa (19/12/2017).

Kata Atuk Yos (biasa disapa), dukungan yang diminta juga berlaku sebaliknya. Artinya, setiap provinsi diminta untuk fokus mengembangkan budaya atau kearifan lokal asli dan kuat, serta sekaligus mencirikan daerah itu sendiri.

"Jadi bahasanya jangan gado-gado, itu permintaan Pak Dirjen. Misal Reok, ya Reok saja, jangan dicampur dengan lainnya. Seperti kita Pusat Zapin, itu harus didukung provinsi lain. Kita juga akan mendukung kebudayaan provinsi lainnya," jelas Yoserizal.

Terkait target Riau sebagai Pusat Kebudayaan Melayu di Asia Tenggara 2020 ini, dikatakan Yoserizal, Dirjen berpesan agar tetap mendasarinya dengan bahasa dan sastra.

"Itu pesan Pak Dirjen. Tetap tidak meninggalkan dasar bahasa dan sastra," tegas Yoserizal.

Dalam pertemuan itu juga disampaikan bantuan untuk masing-masing provinsi membangun museum melalui dana APBN. "Besarannya belum pasti, tapi kita sudah merumbukkan apa yan akan dibangun di Riau, salah satunya Sirkuit Gasing," tutup Yoserizal.


Penulis: Ryan
Editor: Ryan


tinggalkan komentar
berita terkait
PEKANBARU, Senuju.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan terima penghargaan Bintang Legiun Veteran dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), saat upacara memperingati Hari Pahlawan ...
TELUK KUANTAN, SENUJU.COM- Memperingati tahun baru Islam ke- 1440 H, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi bekerjasama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) ...
TELUK KUANTAN, SENUJU.COM- Masyarakat Desa sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kunsing, menggelar 'Makan Basamo' usai pacu jalur evan nasional 2018. Itu merupakan bentuk rasa syukur ...
PEKANBARU, SENUJU.COM-Gempa bumi yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Ahad (5/8/2018) yang lalu, membuat sejumlah komunitas di Pekanbaru menggelar aksi penggalangan dana.Aksi ini ...
PEKANBARU, SENUJU.COM-Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Provinsi Riau Yoserizal Zein optimistis Riau akan menjadi pusat kebudayaan Melayu di Asia Tenggara pada 2020. Ini sejalan dengan Visi ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED