Realisasi DMIJ di Desa Sungai Rawa, Sentuh Berbagai Sektor

Tanggal Galeri : Rabu, 28 Desember 2016

SUNGAI RAWA, INHIL - SENUJU.COM : Realisasi dana Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) dari Pemkab Indragiri Hilir (Inhil) untuk Desa Sungai Rawa hampir menyentuh seluruh sektor. Baik pembangunan infrastruktur di bidang pendidikan, hingga pembangunan fisik seperti jalan dan jembatan.

Seperti baru saja dilaksanakan semenisasi 3 paket. Diantaranya Paket I di Jalan Utama Parit 13. Dimana sebelumnya belum pernah tersentuh pembangunan. "Melalui dana DMIJ dan Pemerintah Pusat inilah jalan itu bisa dilakukan semenisasi," kata Kepala Desa Sungai Rawa, H Syahran.

Paket II untuk Jalan Sederhana ukuran 1,5 x 185 meter. Dan terakhir adalah Paket Jalan Lintas Ar-Rasyad berukuran 1,5 x 61 meter. Ketiga jalan tersebut merupakan jalan utama yang sering diakses masyarakat. Baik anak sekolah, pedagang yang ingin berjualan saat hari pasar, serta petani untuk ke kebun.

Selain semenisasi jalan, Pemerintah Desa Sungai Rawa melalui Dana DMIJ dari Pemkab Inhil dan bantuan dari Pusat merambah pembangunan sektor lainnya. Seperti pembuatan pagar untuk Sekolah MI Ar-Rasyid. Pagar yang dibangun 20 meter tersebut dibangun pada Juli 2016. Mendesaknya pembangunan pagar tersebut, katanya, karena antisipasi pihak sekolah agar para pelajar tidak keluar dari lingkungan sekolah.

Dilanjutkan Syahran, itu juga permintaan yang sudah lama dari wali murid. Karena dulu anggaran desa sedikit, permintaan para orangtua tersebut tidak bisa diakomodir. Namun dengan dana DMIJ yang besar saat ini, perlahan-lahan permintaan wali murid tersebut bisa dipenuhi.

"Selain itu kami juga membangun beberapa jembatan beton. Dengan dana yang saat ini besar, Alhamdulillah beberapa pembangunan infrastruktur bisa digenjot," katanya.

Diakui Syahran, sejauh ini Desa Sungai Rawa masih 'haus' akan pembangunan. Masih banyak titik-titik pembangunan yang menjadi aspirasi masyarakat yang belum tersentuh. Untuk itu, Syahran berharap program DMIJ dan bantuan dana desa dari Pemkab dan Pemerintah Pusat tersebut terus dilanjutkan. "Agar nanti pembangunan yang belum tersentuh bisa kami cicil," ujar Syahran. (***)
 

Salah satu jembatan yang dapat dibangun oleh Pemerintah Desa Sungai Rawa, Kecamatan Batang Tuaka, Indragiri Hilir, imbas anggaran yang besar.
Salah satu jembatan saat dibangun oleh Pemerintah Desa Sungai Rawa, Kecamatan Batang Tuaka, Indragiri Hilir, imbas anggaran yang besar.
Jalan Parit 13 di Desa Sungai Rawa, Kecamatan Batang Tuaka, Indragiri Hilir, kini tampak mulus, imbas anggaran yang besar.
Sekolah MI Ar-Rasyid Desa Sungai Rawa, Kecamatan Batang Tuaka, Indragiri Hilir, tampak dengan pagar yang baru dibangun melalui anggaran desa