Pembangunan Demi Pembangunan di Desa Sungai Dusun Inhil, Satu Per Satu Berdiri

Tanggal Galeri : Selasa, 27 Desember 2016

SUNGAI DUSUN - INHIL, SENUJU.COM : Pembangunan demi pembangunan di Desa Sungai Dusun, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau telah banyak dilakukan pemerintah desa. Disebutkan Pjs Kepala Desa Sungai Dusun, Edi Sasmita, dari seluruh ruas jalan yang ada di desanya kini hanya tinggal sekitar 1 kilometer yang masih dalam kondisi belum layak. Ditargetkan tahun depan seluruh jalan tersebut tuntas.

"Dengan dana yang kita miliki saat ini, mulai dari bantuan Pemkab Inhil melalui Program DMIJ-nya ditambah dengan bantuan pemerintah pusat, kami berkeyakinan sisa tersebut dapat kami selesaikan tahun depan itu," ucap Edi.

Begitu pula dengan jembatan penghubung di sana, kini hanya tinggal satu jembatan yang belum permanen dan direncanakan tahun depan akan dibangun dengan beton. "Tahun ini kita sudah bangun empat jembatan. Berarti tinggal satu saja lagi yang tersisa. Ini pun kita rencanakan akan dibangun tahun depan," katanya.

Di sisi lain, pembangunan juga diarahkan untuk infrastruktur kesehatan. Salah satunya Posyandu.‎ Gedung Puskesmas Pembantu (Pustu) tersebut memang baru saja direhab. Rehab dilakukan karena sejak dibangun 2005 lalu tak pernah ada lagi perawatan. Seluruh papan lantai diganti, dinding dari papan kami ganti dinding beton, atap dari seng diganti dengan genteng, pintu, jendela, dek ganti, teras ganti, wc, kamar pasien, kamar tunggu juga diperbaiki.

Saat ini, terangnya, hanya tongkat tiang saja yang belum diganti. Tapi kondisinya memang masih cukup layak untuk dipakai. Sehingga rencana semula yang ingin membangun gedung baru akhirnya menjadi rehab.

Pemerintah Desa Sungai Dusun, sangat mengapresiasi program DMIJ. Program tersebut sangat jitu dan bisa menjawab permasalahan yang ada di desa, khususnya pembangunan dan kesejahteraan tatanan pemerintahan. Berbagai kegiatan diluar pemerintahan juga dapat terlaksana dengan baik. Sebut saja seperti posyandu, PAUD, Magrib Mengaji, seluruhnya terbackup dengan dana besar dari DMIJ.(***)

Pustu Desa Sungai Dusun, KEcamatan Batang Tuaka, Indragiri Hilir, kini tampak lebih baik.
Gedung PAUD sebagai wujud kepedulian pendidikan bagi anak, telah berdiri pula secara permanen di Desa Sungai Dusun, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir
Jalan sebagai akses penting masyarakat yang kini lebih baik di Desa Sungai Dusun, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir
Jembatan sebagai penghubung utama di Inhil yang dibelah oleh ribuan parit (sungai kecil, red) turut pula terbangun berkat dana desa yang besar di Desa Sungai Dusun, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir
Sebagai Desa yang berdiri di pesisir sungai, jerambah tentu menjadi perhatian pula dengan pembangunan di Desa Sungai Dusun, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir
Pjs. Kepala Desa Sungai Dusun, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir, Edi Sasmita (baju putih).