Di Pertemuan Tahunan BI, Gubri: Alhamdulillah Perekonomian Riau Meningkat Tajam

Selasa, 12 Des 2017 - 21:16:39 WIB
Dibaca 550 Kali

GUBERNUR Riau, H Arsyadjuliandi Rachman pada acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Riau bertajuk 'Memperkuat Momentum' Selasa (12/12/17) mengatakan bahwa pada 2015 lalu, pertumbuhan ekonomi Riau kurang bagus. Pada waktu itu bahkan ada 4 kabupaten kota di Riau yang pertumbuhannya minus.

Hal itu menurutnya lebih disebabkan karena terjadi penurunan harga komoditas unggulan di sektor perkebunan. Seperti karet, sawit, sagu dan lainnya. Termasuk harga migas.

Untuk itu, tambahnya, Pemprov Riau mencari sumber ekonomi baru yaitu pariwisata berbasis budaya. Seluruh dinas terkait diminta menggarap seluruh view destinasi wisata yang ada di Riau.
 
"Alhamdulillah, kerjasama antar berbagai dinas sudah mampu membawa perekonomian Riau meningkat tajam. Saat ini, di beberapa destinasi wisata sudah lancar akses dan sarana transportasi di Riau seperti Candi Muara Takus maupun Ombak Bono," terang Andi Rahman.


Riau kembangkan pariwisata berbasis budaya untuk menggerakkan ekonomi rakyat.

Selain mengembangkan pariwisata berbasis budaya, Pemprov juga mengembangkan pertanian dan holtikultura dan UMKM Riau. Dukungan UMKM tersebut terutama di sektor kuliner membawa pariwisata cukup berkembang.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Siti Astiyah mengatakan bahwa tahun 2017 merupakan tahun pemulihan ekonomi internasional.

Kondisi tersebut menurutnya ditandai membaiknya berbagai harga komoditas di dunia internasional. Sehingga prediksi pertumbuhan ekonomi nasional di 2017 sebesar 5,06 persen.


Gubernur memberi paparan para Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Perwakilan Riau.

"Menguatnya perekonomian global disikapi oleh kebijakan moneter di seluruh dunia. Termasuk Indonesia. Perbaikan ekonomi eksternal sangat mempengaruhi perekonomian domestik Indonesia," terangnya.

Di tengah pemulihan pertumbuhan perekononian domestik masih memiliki tantangan. Di sektor keuangan BI, OJK DAN Pemerintah membangun kebijakan dalam rangka stabilitas keuangan.(adv/yan)


tinggalkan komentar
berita terkait
INHIL, Senuju.com - Anjloknya harga kelapa yang tak berimbang lagi terhadap kubutuhan pokok turut menjadi perhatian Komisi IV DPRD Kabupaten Indragiri Hilir yang membidangi masalah kesehatan, ...
KUANSING, Senuju.com - Menjelang akhir tahun 2018 dan menyambut perayaan Natal, permintaan terhadap sembako di kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) biasanya terjadi peningkatan, namun peningkatannya tidaklah ...
TELUK KUANTAN - SENUJU.COM : Setelah menjalankan tugasnya sebagai ASN selama lebih kurang 32 tahun, tepat 1 Desember mendatang, H Argausman akan mengakhiri masa tugasnya.Argausman ...
INHIL, Senuju.com - Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Inhil, H Muhammad Wardan dan H Syamsuddin Uti menyampaikan Visi dan Misi pembangunan periode 2018-2023 dalam rapat Paripurna ...

Bantuan Beras Rastra di Ganti Dengan BPNT

Kamis, 22 Nov 2018 - 15:29:00 WIB
TELUK KUANTAN - SENUJU.COM : Pemerintah daerah melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) melakukan Lounching program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED