Di Pertemuan Tahunan BI, Gubri: Alhamdulillah Perekonomian Riau Meningkat Tajam

Selasa, 12 Des 2017 - 21:16:39 WIB
Dibaca 299 Kali

GUBERNUR Riau, H Arsyadjuliandi Rachman pada acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Riau bertajuk 'Memperkuat Momentum' Selasa (12/12/17) mengatakan bahwa pada 2015 lalu, pertumbuhan ekonomi Riau kurang bagus. Pada waktu itu bahkan ada 4 kabupaten kota di Riau yang pertumbuhannya minus.

Hal itu menurutnya lebih disebabkan karena terjadi penurunan harga komoditas unggulan di sektor perkebunan. Seperti karet, sawit, sagu dan lainnya. Termasuk harga migas.

Untuk itu, tambahnya, Pemprov Riau mencari sumber ekonomi baru yaitu pariwisata berbasis budaya. Seluruh dinas terkait diminta menggarap seluruh view destinasi wisata yang ada di Riau.
 
"Alhamdulillah, kerjasama antar berbagai dinas sudah mampu membawa perekonomian Riau meningkat tajam. Saat ini, di beberapa destinasi wisata sudah lancar akses dan sarana transportasi di Riau seperti Candi Muara Takus maupun Ombak Bono," terang Andi Rahman.


Riau kembangkan pariwisata berbasis budaya untuk menggerakkan ekonomi rakyat.

Selain mengembangkan pariwisata berbasis budaya, Pemprov juga mengembangkan pertanian dan holtikultura dan UMKM Riau. Dukungan UMKM tersebut terutama di sektor kuliner membawa pariwisata cukup berkembang.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Siti Astiyah mengatakan bahwa tahun 2017 merupakan tahun pemulihan ekonomi internasional.

Kondisi tersebut menurutnya ditandai membaiknya berbagai harga komoditas di dunia internasional. Sehingga prediksi pertumbuhan ekonomi nasional di 2017 sebesar 5,06 persen.


Gubernur memberi paparan para Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Perwakilan Riau.

"Menguatnya perekonomian global disikapi oleh kebijakan moneter di seluruh dunia. Termasuk Indonesia. Perbaikan ekonomi eksternal sangat mempengaruhi perekonomian domestik Indonesia," terangnya.

Di tengah pemulihan pertumbuhan perekononian domestik masih memiliki tantangan. Di sektor keuangan BI, OJK DAN Pemerintah membangun kebijakan dalam rangka stabilitas keuangan.(adv/yan)




TAG :
tinggalkan komentar
berita terkait

PEKANBARU, SENUJU.COM - Demi untuk memanjakan calon nasabah dan nasabahnya, Bank Riau Kepri sebagai bank kebanggaan masyarakat Riau dan Kepri kembali menambah 10 unit oto ...

SELATPANJANG, SENUJU.COM - Warga Desa Bagan Melibur menolak keras tawaran PT PLN Persero untuk mengganti meteran Paskabayar ke meteran Prabayar.M Fani, perwakilan PLN Rayon Selatpanjang ...

SELATPANJANG, SENUJU.COM - Masyarakat Meranti mengharapkan Dinas Perhubungan (Dishub) wilayah tersebut untuk menertibkan kendaraan di dua hotel yang ada di Tanah 'Jantan' Selatpanjang.Mengingat agar para ...

SELATPANJANG, SENUJU.COM - Kepala Badan Inteligen Negara (BIN) Daerah Provinsi Riau Marskal Pertama Rachmat Haryadi bersilahturahmi bersama Pemerintah dan tokoh masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti, di ...

PEKANBARU, SENUJU.COM - Harga tandan buah segar (TBS) CPO Riau periode 17-23 Januari 2018 untuk umur 10-20 tahun tercatat sebesar Rp1.898,34/Kg atau mengalami kenaikan sebesar ...


KABAR TERKINI

bergabung disini
KABAR POPULER