Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman.

Pariwisata Berbasis Budaya Diproyeksi Jadi Sumber Ekonomi Baru Riau

Kamis, 14 Des 2017 - 10:36:31 WIB
Dibaca 140 Kali

PEKANBARU, SENUJU.COM - Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan bahwa pada 2015 lalu, pertumbuhan ekonomi Riau berada dalam 'tren' kurang bagus. Saat waktu itu bahkan ada 4 kabupaten dan kota di Riau yang pertumbuhannya minus.

Hal itu menurutnya lebih disebabkan karena terjadi penurunan harga komoditas unggulan di sektor perkebunan. Seperti karet, sawit, sagu dan lainnya. Termasuk harha migas.

Untuk itu, Pemprov Riau mencari sumber ekonomi baru yaitu pariwisata berbasis budaya. Seluruh dinast terkait diminta menggarap seluruh view destinasi wisata yang ada di Riau.

"Alhamdulillah, kerjasama antar berbagai dinas sudah mampu membawa perekonomian Riau meningkat tajam. Saat ini, di beberapa destinasi wisata sudah lancar akses dan sarana transportasi di Riau seperti Candi Muara takus maupun Bono," terang Andi Rahman.

Selain mengembangkan pariwisata berbasis budaya, Pemprov juga mengembangkan pertanian, holtikultura dan UMKM Riau. Dukungan UMKM tersebut terutama di sektor kuliner membawa pariwisata cukup berkembang.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Siti Astiyah mengatakan bahwa tahun 2017 merupakan tahun pemulihan ekonomi internasional.

Kondisi tersebut menurutnya ditandai membaiknya berbagai harga komoditas di dunia internasional. Sehingga prediksi pertumbuhan ekonomi nasional di 2017 sebesar 5,06 persen.

"Menguatnya perekonomian global disikapi oleh kebijakan moneter di seluruh dunia. Termasuk Indonesia. Perbaikan ekonomi eksternal sangat mempengaruhi perekonomian domestik Indonesia," terangnya.

Di tengah pemulihan pertumbuhan perekononian domestik masih memiliki tantangan. Di sektor keuangan BI, OJK DAN Pemerintah membangun kebijakan dalam rangka stabilitas keuangan.


Editor: Ryan


tinggalkan komentar
berita terkait
JAKARTA, SENUJU.COM - Arya Purnama (21) bersama rekanya, Zakia Sanla (22) berhasil membawa nama Riau di mata nasional. Pada Jumat (27/4/2018) bujang dan dara dari ...

Pariwisata Riau Terus Mendapat Perhatian Dunia

Sabtu, 28 Apr 2018 - 07:12:00 WIB
PEKANBARU, SENUJU.COM - Potensi pariwisata di Riau terus mendapatkan perhatian dunia. Ini terlihat saat Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau berkesempatan menjadi peserta pameran bersekala nasional ...

700 Peserta Bakal Hadiri Lomba Mancing di Laut Dumai

Sabtu, 21 Apr 2018 - 14:03:00 WIB
DUMAI, SENUJU.COM - Dalam rangka memperingati hari jadi kota Dumai ke-19, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Dumai menggelar kembali lomba mancing di laut, pada Ahad ...
TELUK KUANTAN, SENUJU.COM - Sempat diperkirakan tidak jadi dilanjutkan dikarenakan hujan lebat yang mengguyur Baserah Kecamatan Kuantan Hilir, akhirnya rombongan yang mengikuti Trail Advanture Jelajah ...
TELUK KUANTAN, SENUJU.COM - Pemerintahan Daerah Kabupaten Kuantan Singingi selalu berupaya meningkatkan infrastruktur jalan demi meningkatkan kemajuan di bidang destinasi objek wisata di Kabupaten Kuansing.Keseriusan ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED