Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman.

Pariwisata Berbasis Budaya Diproyeksi Jadi Sumber Ekonomi Baru Riau

Kamis, 14 Des 2017 - 10:36:31 WIB
Dibaca 185 Kali

PEKANBARU, SENUJU.COM - Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan bahwa pada 2015 lalu, pertumbuhan ekonomi Riau berada dalam 'tren' kurang bagus. Saat waktu itu bahkan ada 4 kabupaten dan kota di Riau yang pertumbuhannya minus.

Hal itu menurutnya lebih disebabkan karena terjadi penurunan harga komoditas unggulan di sektor perkebunan. Seperti karet, sawit, sagu dan lainnya. Termasuk harha migas.

Untuk itu, Pemprov Riau mencari sumber ekonomi baru yaitu pariwisata berbasis budaya. Seluruh dinast terkait diminta menggarap seluruh view destinasi wisata yang ada di Riau.

"Alhamdulillah, kerjasama antar berbagai dinas sudah mampu membawa perekonomian Riau meningkat tajam. Saat ini, di beberapa destinasi wisata sudah lancar akses dan sarana transportasi di Riau seperti Candi Muara takus maupun Bono," terang Andi Rahman.

Selain mengembangkan pariwisata berbasis budaya, Pemprov juga mengembangkan pertanian, holtikultura dan UMKM Riau. Dukungan UMKM tersebut terutama di sektor kuliner membawa pariwisata cukup berkembang.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Siti Astiyah mengatakan bahwa tahun 2017 merupakan tahun pemulihan ekonomi internasional.

Kondisi tersebut menurutnya ditandai membaiknya berbagai harga komoditas di dunia internasional. Sehingga prediksi pertumbuhan ekonomi nasional di 2017 sebesar 5,06 persen.

"Menguatnya perekonomian global disikapi oleh kebijakan moneter di seluruh dunia. Termasuk Indonesia. Perbaikan ekonomi eksternal sangat mempengaruhi perekonomian domestik Indonesia," terangnya.

Di tengah pemulihan pertumbuhan perekononian domestik masih memiliki tantangan. Di sektor keuangan BI, OJK DAN Pemerintah membangun kebijakan dalam rangka stabilitas keuangan.


Editor: Ryan


tinggalkan komentar
berita terkait

Seribuan Rider Bakal Ramaikan JAKJAR 5 di Kuansing

Senin, 17 Sep 2018 - 14:56:00 WIB
TELUK KUANTAN - SENUJU.COM : Jelajah Alam Kota Jalur (JAKJAR) ke lima, di Air Terjun Guruh Gemurai, Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, bakal di hadiri seribu ...
TANAH MERAH, SENUJU.COM-Festival Menongkah resmi dikukuhkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Pertama di Kabupaten Inhil oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.Penyerahan sertifikat ...
TELUK KUANTAN, SENUJU.COM-Sungguh luar buasa prestasi jalur-jalur handalan dari kecamatan Hulu Kuantan berhasil menjautai pacu jalur rayon 4 di tepain Datuak Bandaro Lelo Budi kecamatan ...
PEKANBARU, SENUJU.COM-Dinas Pariwisata Provinsi Riau kembali menggelar Grand Final Bujang dan Dara Riau tahun 2018. Iven ini merupakan upaya melahirkan sumber daya manusia dibidang pariwisata ...
PEKANBARU, SENUJU.COM-Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ahmad Hijazi mengingatkan pentingnya menanamkan cinta budaya sebagai penanda identitas diri. Karena itu, pembangunan yang dilakukan pemerintah tak semata ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED