Ketika PKK Inhil Hijaukan Parit 6 di Tembilahan Barat...

Jumat, 8 Des 2017 - 11:08:09 WIB
Dibaca 355 Kali

TEMBILAHAN, SENUJU.COM - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melaksanakan kegiatan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon tahun 2017 di Parit 6, Kelurahan Tembilahan Barat, Kecamatan Tembilahan Hulu, Jumat (8/12/2017).

Ketua TP-PKK Inhil, Hj Zulaikha Wardan kepada Senuju.com mengatakan, kegiatan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon merupakan kegiatan tahunan yang terus dilaksanakan oleh TP-PKK Inhil.

Penanaman yang dipusatkan sepanjang Jalan Parit 6, kata Zulaikha, memang sengaja karena kami dari TP-PKK Inhil memperhatikan lingkungan dan median jalan sepanjang Parit 6 ini belum banyak ditanami. Sementara kondisi jalan cukup bagus.

"Dengan begitu, kami ingin membantu pemerintah dalam upaya membuat suasana yang asri, hijau, dan sehat," ucap Ikha sapaan akrabnya.

Untuk itu, lanjut Ikha, kegiatan tanam dan pelihara pohon ini hendaknya dapat memotifasi semua bahwasanya menanam dan memelihara pohon itu sangatlah penting.

"Adanya pohon, tentu selain keindahan kita juga menginginkan kesehatan. Untuk itu mari bersama-sama kita menanam dan memelihara pohon yang sudah ada.

Pada penanaman tersebut, TP-PKK Inhil menyediakan pohon pucuk merah sebagai tanaman yang ditanam sepanjang ruas jalan Parit 6.

Menurut Ikha, pohon pucuk merah selain indah yang dapat menjadi hiasan, pucuk merah juga sangat mudah untuk ditanam dan tahan walaupun kurang disiram.

"Mari kita bersama menanam pohon dilokasi kita masing-masing baik dihalaman rumah maupun diruas jalan agar Inhil menjadi indah, asri, dan sehat," ajak Ikha.

Sementara Bupati Inhil, Drs H Muhammad Wardan yang turut hadir sangat menyambut baik dan berterimakasih atas pelaksanaan kegiatan gerakan tanam dan pelihara pohon yang dilaksanakan oleh TP-PKK Inhil.

Wardan mengatakan, kegiatan tanam dan pelihara pohon tersebut merupakan kegiatan tahunan yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2011.

"Alhamdulillah untuk menanamnya sudah sangat bagus, kompak, dan ramai. Akan tetapi untuk memeliharanya masih harus kita tingkatkan lagi secara bersama-sama," tutur Wardan.

Selanjutnya, Wardan mengatakan, dengan masih kurangnya kesadaran dalam memelihara, harus dilakukan evaluasi agar bagaimana pohon-pohon yang sudah ditanam dapat dipelihara dan dirawat bersama-sama agar upaya dalam mewujudkan lingkungan yang indah, asri, dan sehat dapat terwujudkan.

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk ambil peduli terhadap tanaman yang telah ditanam sepanjang median jalan ini. Mari bersama-sama menjaga dan memilihara apalagi di musim kemarau," pinta Wardan.

"Saya kira tidaklah berat membawa satu ember air untuk menyiram tanaman yang berada di dekat rumahnya," tambahnya.

Lebih lanjut, Wardan meminta kepada dinas terkait untuk merawat dan memelihara tanaman yang sudah ditaman selama ini. Karena, lanjut Wardan, dalam visi dan misi Inhil ada di dalamnya yang berbunyi menciptakan Ibukota baik desa, kecamatan, dan kabupaten yang bersih, indah, asri.

"Tolong melalui dinas terkait untuk saling berkoordinasi dalam memelihara dan merawat pohon yang sudah ditanam. Kalau ada yang rusak, mari segera ditanam kembali agar berkelanjutan dan dapat mewujudkan visi dan misi Kabupaten Inhil," pungkas Wardan.


Repoter: Alhamdani
Editor: Ryan


tinggalkan komentar
berita terkait
PEKANBARU, SENUJU.COM-Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau terus meluas. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru pagi mendeteksi ada 121 hotspot yang tersebar di ...
PEKANBARU, SENUJU.COM-Menjelang perhelatan Asian Games, kebakaran hutan dan lahan di Riau kembali terjadi. Dalam beberapa hari belakangan, titik api terpantau terus terjadi.Hari ini (kemarin-Red) ada ...

65 Titik Panas Terdektesi di Daerah Riau

Senin, 13 Agu 2018 - 18:26:00 WIB
PEKANBARU, SENUJU.COM-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, mengatakan ada 65 titik panas yang terdektesi di wilayah Provinsi Riau.Hal tersebut terpantau oleh BMKG melalui ...
PEKANBARU, SENUJU.COM-Sebanyak empat unit helikopter diterbangkan oleh tim satuan tugas Kebakaran Lahan dan Hutan (Satgas Karhutla) Provinsi Riau, ketempat titip api yang tersebar di Riau, ...

Masih Ada 55 Titik Hot Spot di Riau

Minggu, 12 Agu 2018 - 21:31:00 WIB
PEKANBARU, SENUJU.COM-Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, mengatakan ada 120 titik hot spot di Sumatera, dan paling banyak ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED