Disimpul Mati, Kordias Pasaribu dan Suhardiman Amby Berdamai di LAM Riau

Sabtu, 2 Des 2017 - 15:09:25 WIB
Dibaca 341 Kali

PEKANBARU, SENUJU.COM - Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau menggelar majelis perdamaian adat untuk menyelesaikan pertikaian yang terjadi antara Kordias Pasaribu dan Suhadirman Amby yang merupakan Anggota DPRD Provinsi Riau di Balai Adat LAM Jalan Diponogoro, Sabtu (2/12/2017).

Majelis perdamaian adat tersebut, dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau, Datuk H Seri Al Azhar dan Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau, Datuk Seri Syahril Abu Bakar serta disaksikan 20 tokoh adat Koto Kuansing, tokoh panguyuban Batak Riau, serta pengurus organisasi paguyuban yang ada di Riau dan seluruh pengurus  MKA dan DPH LAM Riau.

Menyampaikan elu-eluannya, Datuk Syahril Abubakar mengatakan, dengan keberadaan LAM di Provinsi Riau ini, semoga tidak ada lagi persoalan yang terjadi semacam ini.

"Semoga ini yang pertama dan terakhir agar tidak ada lagi sengketa terlebih kita semua adalah masyarakat Riau," harap Syahril.

"Kita masyarakat Riau sangat terbuka dan selalu mengutamakan keterbukaan. Dimana bumi dipijak  di situ langit dijunjung," sambung Ketua PMI Provinsi Riau ini.

Selanjutnya, Syahril mengatakan, walaupun berbeda suku, kita tetap harus sama-sama saling menghormati antara suku yang ada, karena walau beda suku kita adalah orang Riau karena mukim di Provinsi Riau.

Sementara Ketua MKA LAM Riau, Datuk H Seri Al Azhar mengatakan, pertikaian yang terjadi antara dua saudara ini sudah disimpul mati antara keduanya. Dengan begitu, diharapkan tidak ada terulang kembali antara keduanya atau pun yang lainnya.

"Dengan usainya kita laksanakan majelis perdamaian ini semoga keduanya damai sampai anak cucunya kelak dan tidak ada lagi pertikaian semacam ini lagi," pinta Al Azhar.

Al Azhar mengatakan, dengan dilaksanakan majelis ini, Ia berharap pertemuan hari ini memberikan ikhtibar dan tidak lagi tersilap langkah. 

"Suku Melayu selalu terbuka. Kita mempunya 4 sungai besar yang menjadi moda transaksi," tutur Al Azhar.


Reporter: Alhamdani
Editor: Ryan




TAG :
tinggalkan komentar
berita terkait

PEKANBARU, SENUJU.COM - Sejarawan, Budayawan sekaligus tokoh masyarakat Riau, Prof Suwardi MS juga angkat bicara menyoal percobaan pembakaran Istana Siak oleh oknum yang belum juga ...

Syamsuar: Pembakar Istana Siak Orang Tak Waras

Rabu, 10 Jan 2018 - 10:20:00 WIB

SIAK SRI INDRAPURA, SENUJU.COM - Pelaku percobaan pembakaran Istana Siak hingga saat ini masih belum ditemukan. Namun sejumlah pihak mengklaim bahwa pelakunya diduga stres atau ...

PEKANBARU, SENUJU.COM - Menindaklanjuti instruksi Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Riau Yoserizal Zen melihat langsung kondisi Istana Siak pasca dibakarnya patung ...

PEKANBARU, SENUJU.COM - Gubernur Riau, Datuk Seri Setia Amanah, H Arsyadjuliandi Rachman, menyandarkan asa kepada Dewan Kesenian Riau (DKR) sebagai salah satu wadah pencapai Visi ...

Hujan Memberkahi, Dewan Kesenian Riau Resmi Dikukuhkan

Minggu, 31 Des 2017 - 20:54:07 WIB

PEKANBARU, SENUJU.COM - Malam jelang pergantian tahun 2018 menjadi momen Pengukuhan Kepengurusan Dewan Kesenian Riau (DKR) masa khidmat 2017-2022. Pengukuhan sendiri langsung dilakukan oleh Gubernur ...


KABAR TERKINI

bergabung disini
KABAR POPULER