Tak Hanya Perbankan, Semua Tindakan Ekonomi Haruslah Syari’ah

Rakorbid dan Dialog Perekonomian Syari’ah MUI Riau

Tak Hanya Perbankan, Semua Tindakan Ekonomi Haruslah Syari’ah

Redaksi | Selasa, 21 November 2017 - 08:40:50 WIB
Dibaca: 367 kali 

PEKANBARU, SENUJU.COM - Rapat Koordinasi Bidang (Rakorbid) dan Dialog Perekonomian Syari’ah di Bilik Pertemuan, Gedung Bundar MUI Provinsi Riau, Senin, 2 Robi’ul Akhir 1439 (20 November 2017) menyimpulkan bahwa semua tindakan ekonomi haruslah sya’riah, tidak terbatas pada transaksi perbankan saja. Tiga komponen, yaitu enghasil atau pembuat (produsen), penjual (pasar), serta pembeli (konsumen), harus menerapkan system yang sesuai dengan syari’at Islaam. Tegasnya lagi haruslah syari’ah.

Rakorbid dan Dialog bertema “Menyongsong Kebangkitan Ekonomi Syari’ah” ditaja oleh Komisi Pemberdayaan Perekonomian Ummat (PPU), MUI Provinsi Riau. Dibuka resmi oleh Sekum MUI Riau, Ustadz Zulhusni Domo, S.Ag., pada ba’da (setelah) dzuhur, kegiatan berakhir hingga menjelang maghrib. Pesertanya selain perwakilan Pengurus MUI Riau dan MUI Kota Pekanbaru, juga sejumlah muballigh, dan mahasiswa.

Peserta memeroleh enam paparan (materi). Pada Panel I (13:30-15:15) dipaparkan tentang “Peran BI Dalam Stabilitas Ekonomi” oleh BI Perwakilan Provinsi Riau, “OJK  (Otorias Jasa Keuangan) dan Kekuatan Ekonomi Syari’ah”, oleh Kepala OJK Riau – Tuan Yusri, “Peran Perbankan Syari’ah dalam Pemberdayaan Ekonomi Ummat” oleh Tuan H. Dodi Okri Handoko, Lc. M.E.Sy.

Setelah Ishoku (Istirahat Sholat dan kudapan), ba’da ashor (15:45-17:35) dilanjutkan Panel II dengan tiga pemateri. “Peran MUI dan Kebangkitan Ekonomi Syari’ah” oleh Ketua Umum MUI Riau – YAB Tuan Prof. Dr. H. Muhammad Nazir, M.A.”Peran Pemerintah Dalam Pemberdayaan Ekonomi Syari’ah” oleh Kabag Kesra Setdaprov Riau – Tuan H. Yusrizal Effendi. “Ekonomi Syari’ah” oleh Ketua Komisi PPU yang juga Dekan FE UIN Suska Riau – Tuan Dr. Mahendra Romus, S.P.,M.Ek. Padaa tiap panel diakhiri sesi dialog dan Tanya jawab.

Pagi hingga zhuhur, ditempat yang sama berlangsung pula Dialog “Merawat Ukhuwwah, Menghargai Perbedaan. Kegiatan dilaksanakan oleh Komisi Ukhuwwah Islaamiyah MU Riau. (par/ nuri)


Akses Senuju.com Via Mobile m.senuju.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER