Walikota: Membangun Daerah Bukan Sekadar Soal Sampah dan Banjir

Walikota: Membangun Daerah Bukan Sekadar Soal Sampah dan Banjir

Redaksi | Rabu, 20 September 2017 - 08:35:03 WIB
Dibaca: 464 kali 

PEKANBARU, SENUJU.COM - Bakal Calon Gubernur Riau (Bacagubri), Firdaus MT banyak mendapat kritikan dari masyarakat karena baru saja dilantik menjadi Walikota sudah ingin mencalonkan diri sebagai Bacagubri.

Kritikan masyarakat tidak lain karena menganggap Firdaus yang sudah dua periode menjadi Walikota Pekanbaru belum 'becus' menangani permasalahan banjir dan sampah hingga saat ini.

Menanggapi itu, Firdaus dengan tegas mengatakan urusan pembangunan suatu daerah bukan hanya soal sampah dan banjir. Akan tetapi, membangun itu komprehensif dan kholistik.

"Kalau membangun bagian fisik saja itu hanyalah hal kecil. Tapi, membangun manusia itu lebih baik," ucap Firdaus.

Selanjutnya, Firdaus mengatakan, persoalan banjir dan sampah yang hingga saat ini belum selesai ditangani dengan baik karena pembangunan manusianya. Karena, pembangunan yang dicita-citakan tidak akan tercapai dengan hanya satu orang yang bekerja atau pun hanya satu kelompok.

"Ada tiga elemen yang harus bekerjasama untuk mencapai yang kita cita-citakan dengan baik yakni Ulama (orang yang berilmu), Umara' (pemimpin), dan Ummat," lanjutnya.

Firdaus melanjutkan, untuk elemen yang pertama yakni Ulama (orang yang berilmu) yang artinya bukan saja orang yang berlilmu agama tapi juga harus berilmu tentang kemasyarakatan, tentang lingkungan agar bagaimana orang yang berilmu hadir di tengah-tengah masyarakat dapat menjadi penerang, memberikan edukasi dan terutama media dan termasuk juga orang-orang yang berkomentar.

"Mari kita ajak masyarakat kita bahwa urusan sampah dan banjir itu bukan hanya urusan pemerintah saja, tetapi juga tiga elemen Ulama, Umara' dan Ummat. Kalau di dalam pemerintahan tiga elemen juga yakni Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota," tuturnya kembali.

"Kalau ummatnya belum berhasil kita edukasi bagaimana bisa berjalan dengan baik. Siapa yang memproduksi sampah? Pemerintah apa masyarakat? Jadi kalau pemerintah saja yang mau bersih, masyarakatnya tidak, apa bisa? Mana bisa," lanjutnya.

Ole sebab itu, tambah Firdaus,  membangun Pekanbaru itu bukan hanya mengurus itu saja. Begitu juga membangun Riau bagaimana kita membangun Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur.

"Untuk mencapai itu, komprehensif dan kholistik harus kita lakukan," pungkasnya.(dani)


Akses Senuju.com Via Mobile m.senuju.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER