BNPT Sosialisasikan SOP Sistem Keamanan Lingkungan Tempat Ibadah

BNPT Sosialisasikan SOP Sistem Keamanan Lingkungan Tempat Ibadah

Redaksi | Kamis, 14 September 2017 - 13:34:04 WIB
Dibaca: 510 kali 

PEKANBARU, SENUJU.COM - Keamanan di dalam dan di lingkungan rumah ‘ibadah amat sangat diperlukan agar nyaman ber’ibadah. Tak jarang, justru hal itu terganggu akibat  ulah yang dilakukan sekelompok orang yang bertindak radikal. Mengantisipasi dan menanggulangi ancaman itu diperlukan Srtandar Operasional Prosedur (SOP) tingkat ancaman dan tindakan yang harus dilakukan, serta mekanisme komunikasi  dan koordinasinya.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) telah menyusun dan menetapkan SOP itu. BNPT melalui Subdit Pengamanan Lingkungan pada Direktorat Perlindungan di Kedeputian I bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi      menyelenggarakan kegiatan sosialisasi SOP Sistem Keamanan Lingkungan Tempat Ibadah  Menghadapi Ancaman Terorisme itu di Pangeran Hotel, Jalan Jenderal Soedirman, Kota Pekanbaru.   13 s.d 15 September 2017. Direktur Perlindungan BNPT, Tuan Brigjen (Pol) Drs. H Herwan Chaidir membukan acara yang akan berlangsung hingga Jum’at 24 Zulhijjah 1438 (15 September 2017) itu, Rabu malam Kamis 23 Zulhijjah 1438 (13 September 2017) kemarin.

Ada 70 peserta yang mengikutinya. Perwakilan dari masjid, gereja kristen dan katolik Provinsi Riau 20 peserta ditambah peserta dari Binda Provinsi Riau, Direktorat Binmas Polda Riau, Kejati Riau, Bakesbangpol Riau, Korem 31 Wirabuana, Pangkalan TNI AU Pekanbaru, Kapolresta Pekanbaru, FKPT Riau, MUI, DMI, Direktorat D BAIS TNI, Densus 88 AT Mabes Polri, Lembaga Daulat Bangsa, serta utusan masing masing masjid dan gereja dari provinsi lainnya se Indonesia.

Pada sosialisasi yang juga dihadiri Pemerintah Pusat yakni Kementerian Agama (Kemenag), dan Kementerian Dalam negeri (Kemendagri) itu ditegaskan oleh Tuan H. Herwan, bahwa kegiatan itu untuk memudahkan bagi pengelola tempat ibadah, Polri, TNI, BNPT dan pemangku kepentingan lainnya dalam memahami tugas dan tanggung jawab ketika menghadapi ancaman dan serangan terorisme di lingkungan tempat ibadah. Ditambahkan oleh alumni Akpol 1987 dan mantan Kasubden Bantuan Detasemen Khusus 88/Anti Teror Polri itu,  rasa aman dan nyaman dalam beribadah sangat penting untuk menciptakan perdamaian dan ketentraman, sehingga penting untuk mewujudkan adanya penguatan dalam sistem keamanan yang berlaku di tempat ibadah.

Kasubdit Pengamanan Lingkungan, Tuan Kolonel Sus. Fanfan Infansyah di sela-sela acara menyebutkan, sosialisasi itu untuk wujud implementasi sinergitas antara pemerintah melalui BNPT dan semua elemen masyarakat termasuk pengurus tempat ibadah untuk mencegah dan mewaspadai ancaman terorisme. Sebelumnya BNPT telah mematangkan survey persiapan sosialisasi SOP sistem keamanan ibadah dengan menggandeng langsung Kanwil Kemenag Riau pada Rabu, 1 Zulhijjah 1438 (23 Agustus) lalu di Aula Kakanwil Kemenag Riau. (par)


Akses Senuju.com Via Mobile m.senuju.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER