Ada Saka Pariwisata Pramuka di Inhu Salah satu makam Raja-raja Indragiri, yang memiliki panjang 12 meter menjadi daya tarik wisatawan.

Ada Saka Pariwisata Pramuka di Inhu

Redaksi | Rabu, 13 September 2017 - 08:53:06 WIB
Dibaca: 179 kali 

RENGAT, SENUJU.COM - Pemkab Inhu melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) memprakarsai terbentuknya Satuan Karya (Saka) Pariwisata Pramuka. Pembentukan Saka ini akan segera dilanjutkan dengan pembentukan Krida dan Gudep bagi Saka tersebut pada tingkat kecamatan.

Satuan Karya Pramuka yang merupakan wadah Pendidikan di bidang Kepariwisataan bagi anggota Pramuka agar mereka dapat membantu, membina dan mengembangkan kegiatan diantaranya Penyelenggaraan kepariwisataan berkelanjutan, Pengelolaan perjalanan wisata/ pemanduan wisata, Pemberdayaan masyarakat dalam rangka perwujudan sadar wisata dan aksi Sapta Pesona di sekitar destinasi pariwisata sebagai baktinya terhadap pembangunan masyarakat bangsa dan Negara.

Ada tiga Krida dibentuk yakni Krida penyuluh wisata, krida pemandu wisata dan krida kuliner wisata."Semuanya bertujuan untuk pengembangan pariwisata di kabupaten Indragiri Hulu," ungkap Kadisporapar Inhu Armansyah.

Krida penyuluh bertujuan memberikan kecakapan bagi Pramuka untuk dapat berperan sebagai motivator dan komunikator dalam penyelenggaraan kepariwisataan. Krida Pemandu WisataKrida Pemandu wisata bertujuan memberikan kecakapan bagi Pramuka untuk dapat berperan dalam penyelenggaraan dan pemanduan perjalanan wisata. Krida Kuliner bertujuan untuk memberikan kecakapan bagi Pramuka untuk dapat membuat, menyajikan dan melestarikan makanan khas lokal sebagai salah satu daya tarik wisata.

"Ketiga hal yang masuk dalam Saka Pariwisata ini diharapkan dapat mendukung dan ikut mensukseskan program sadar wisata yang berprinsip pada Sapta Pesona Wisata yakni aman, tertib, bersih, ramah, sejuk, indah, dan kenangan terakhir," tegasnya.

Dikatakannya, Kegiatan ini nantinya akan didukung beberapa kegiatan awal yang merupakan dukungan atas Sapta Pesona wisata diantaranya kegiatan kemah bersama dilokasi Pariwisata dan lomba kuliner masakan tradisional.

Ditambahkannya juga bahwa potensi generasi Inhu sangat besar, program revitalisasi Gerakan Pramuka sejak sembilan tahun belakangan ini telah mengalami peningkatan cukup signifikan dengan makin bertambahnya anggota Pramuka. Sebagai sarana pendidikan non formal, Gerakan Pramuka sangat tepat untuk membentuk karakter pribadi generasi muda bangsa.


Akses Senuju.com Via Mobile m.senuju.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER