Vakum Selama 14 Tahun, Laman Pendekar Bonsu Silek Pangean Dibuka Bupati Kuansing

Vakum Selama 14 Tahun, Laman Pendekar Bonsu Silek Pangean Dibuka Bupati Kuansing

Redaksi | Selasa, 12 September 2017 - 17:28:30 WIB
Dibaca: 290 kali 

TELUK KUANTAN, SENUJU.COM - Dalam upaya menjaga warisan budaya nenek moyang secara turun temurun, Laman Pendekar Bonsu Silek Pangean di Kenegerian Sungai Pinang kembali dibuka, Kamis (7/9/2017). Laman yang sempat vakum selama 14 tahun ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kuantan Singingi, Drs H Mursini MSi.

Sebagaimana diketahui, Silek Pangean merupakan salah satu warisan budaya dalam bentuk bela diri yang sudah tersohor namanya di Semenanjung Melayu. Dengan pengembalian laman latihan ini diharapkan mampu menumbuhkembangkan generasi Pesilat Pangean.

Pendekar Bonsu, Nazarudin mengungkapkan Laman Silek Pangean harus terus dipelihara dan dilestarikan, karena mampu menjaga nilai-nilai adat dan budaya.

"Ini kan warisan yang sudah lama, dan ini harus kita lestarikan," ungkap Pendekar Bonsu Nazarudin.

Pendekar Bonsu Nazarudin, merupakan pendekar yang ditabalkan oleh Urang Barompek, Laman Pangean Pandekar Malin dan Datuak Si Baromban Bosi. Dirinya meneruskan jabatan yang sebelumnya diemban oleh kakak kandungnya Yakup yang telah tutup usia diumur 85 tahun.

Sementara itu dari pihak Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Bupati Drs H Mursini mengungkapkan apresiasinya atas terus dikembangkannya kebudayaan adat di Tanah Kuantan. Dirinya berjanji akan turut memperhatikan dan mendukung kegiatan ini.

"Ya dengan dibukaknya laman ini, semoga mengemban ilmu di lapangan ini, karena Silek Pangean ini bisa menjalin silahturahmi nantinya," ujar Bupati sembari membuka secara resmi Laman Pendekar Bonsu.

Dirinya juga ikut bangga karena silat ini cukup terkenal keberadaannya di Semenanjung Melayu. "Kita berharapa masyarakat Empat Koto Lubuk Ambacang bersama-sama meramaikan laman Silek Pengean ini," harap Bupati yang turut didampingi oleh Wakil Bupati Kuansing, H Halim.

 

Pendekar Bonsu mengalungkan Lambak kepada Bupati Kuansing Drd H Mursini jelang kedatangan di Laman Silek Pangean.

 

Penampilan Silek Pangean di hadapan Bupati dan Wakil Bupati Kuansing.

 

Pendekar Bonsu menyampaikan sepatah dua patah kata.

 

Menyambut kedatangan Bupati dan Wakil Bupati Kuansing.

 

Bupati Kuansing memberi arahan saat membuka Laman Silek Pangean.

 

Rarak, salah satu alat pengiring Silek Pangean.

 

Wakil Bupati Kuansing Halim saat berdialog dengan tokoh masyarakat di sela-sela acara.

 

Narasi dan Foto: Pedri Umar


Akses Senuju.com Via Mobile m.senuju.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER