Nilai Tukar Nelayan Mengalami Penurunan di Riau Net.

Nilai Tukar Nelayan Mengalami Penurunan di Riau

Redaksi | Selasa, 12 September 2017 - 15:36:21 WIB
Dibaca: 44 kali 

PEKANBARU, SENUJU.COM - Nilai Tukar Nelayan (NTN) kelompok penangkapan ikan di Provinsi Riau pada Agustus 2017 mengalami penurunan sebesar 0,35 persen. Hal ini akibat turunnya harga jual tangkapan ikan di perairan umum, di antaranya udang, ikan baung dan tomang.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Aden Gultom mengatakan, hal ini terjadi karena harga yang diterima petani/nelayan mengalami penurunan sebesar 0,05 persen.

Sementara, harga yang dibayar petani/nelayan mengalami kenaikan sebesar 0,29 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

"Turunnya harga yang diterima nelayan disebabkan oleh turunnya indeks harga di sebagian besar ikan pada kelompok penangkapan perairan umum sebesar 1,29 persen. Khususnya udang, tomang, dan baung," kata Gultom, Selasa (12/9/2017).

Sedangkan, lanjut Gultom, kenaikan ini disebabkan oleh naiknya indeks konsumsi rumah tangga sebesar 0,21 persen khususnya harga cabai merah, ongkos angkutan dalam kota, biaya pulsa ponsel prabayar.

"Selain itu juga. ini imbas naiknya indeks BPPBM sebesat 0,47 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang disebabkan oleh garam hancur dan mata pancing," tandasnya. 

 

Laporan: Mawan

Editor: Redaksi


Akses Senuju.com Via Mobile m.senuju.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER