Sambangi LAM Riau, Syamsuar Bahas Riau Pusat Kebudayaan Melayu se-Asia Tenggara Syamsuar foto bersama pengurus LAM Riau usai pertemuan

Sambangi LAM Riau, Syamsuar Bahas Riau Pusat Kebudayaan Melayu se-Asia Tenggara

Redaksi | Selasa, 12 September 2017 - 00:43:36 WIB
Dibaca: 338 kali 

PEKANBARU, SENUJU.COM - Bupati Kabupaten Siak yang juga sebagai salah satu kandidat Calon Gubernur Riau (Cagubri) 2018 mendatang, Drs H Syamsuar MSi menjalin silahturahmi terhadap pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) dengan menyambangi Balai Melayu LAM Riau, Senin (11/9/2019).

Kedatangan Bupati Siak ini, disambut langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR, Datuk Sayhril Abubakkar, Sekretaris LAMR, Datuk Nasir Penyalai, Ketua Timbalan LAMR, Marjohan Yusuf dan pengurus LAM Riau lainnya.

Ketua DPH LAMR, Datuk Syahril Abubakkar, sangat menyambut baik kunjungan Datuk Sri Setia Amanah dari masyarakat Siak tersebut dan mengatakan rasa terimakasih karena juga pihaknya mempunyai agenda akan ke Siak. Akan tetapi lebih dahulu disambangi.

"Kita menyambut baik kedatangan Bupati Siak ini karena banyak hal yang ingin kita bicarakan untuk kemajuan Riau ini," ucap Syahril.

Lebih lanjut, Syahril mengatakan, untuk Bupati Siak, Bapak Syamsuar kita tidak meragukan lagi soal komitmen beliau untuk kebudayaan, karena sudah jelas begitu juga dengan program yang lainnya.

"Macam mana pun beliau itu anak jati, anak watan pastilah beliau paham bagaimana Melayu itu sendiri, bagaimana roh Melayu itu dan sebagainya," tukas Syahril yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Riau ini.

Sementara itu, Bupati Siak, Syamsuar yang hadir menggunakan pakaian Melayu berwana hitam dan tidak lupa pula memakai tanjak khas orang melayu pada umumnya mengatakan, kehadirannya ke LAM Riau ini merupakan silatuhrahim kepada pengurus LAM yang baru saja dikukuhkan beberapa waktu yang lalu.

"Kami juga sekaligus menyampaikan program pembangunan yang telah berlangsung di Kabupaten Siak sejak diberi amanah dari masyarakat untuk menjadi pemimpin di sana termasuk di dalamnya pembangunan kebudayaan," ucap Syamsuar.

Syamsuar memaparakan, selain menyampaikan perkembangan yang ada di Siak, pada pertemuan tersebut dirinya juga melakukan pertukaran informasi dan masukkan untuk kemajuan Siak apalagi dirinya juga termasuk penerima gelar Datuk Seri Setia Amanah dari masyarakat Siak.

"Selain itu, pada pertemuan yang sangat bahagia ini, saya juga sekalian menyampaikan hajat untuk berkiprah di Provinsi Riau untuk menjadi Gubernur, di tengah Riau mempersiapkan mencari pemimpin untuk lima tahun ke depan," tutur Syamsuar.

Harapan kami, lanjut Bupati Siak dua periode ini, bagaimana visi dan misi 2020 yang menjadikan Riau sebagai pusat kebudayaan Melayu di Asia Tenggara ini, yang perlu disiapkan sekarang oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bagaimana menyiapkan perencanaan pembangunan kebudayaan Melayu.

"Sampai saat ini saya lihat belum ada. Konsep pengembangan kebudayaan Melayu itu sudah ada di Siak yang telah di Perdakan oleh DPRD. Dengan begitu, saya pikir untuk Riau harus ada," katanya lagi.

Lebih lanjut, Syamsuar mengatakan, jika kita menginginkan visi Riau 2020 sebagai pusat kebudayaan Melayu di Asia Tenggara, mari bersama kita siapkan dahulu perencanaan pembangunan kebudayaan yang itu harus masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah. (***)

 

Laporan: Dani

Editor: Redaksi


Akses Senuju.com Via Mobile m.senuju.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER