BRG : Komitmen Wardan Mempertahankan Potensi Kelapanya, Langkah yang Tepat Deputi Bidang Penelitian dan Pengembangan BRG, Haris Gunawan

BRG : Komitmen Wardan Mempertahankan Potensi Kelapanya, Langkah yang Tepat

Redaksi | Ahad, 10 September 2017 - 19:17:24 WIB
Dibaca: 164 kali 

TEMBILAHAN - SENUJU.COM : Badan Restorasi Gambut (BRG) RI mengapresiasi upaya Bupati Indragiri Hilir (Inhil), H M Wardan, yang berkomitmen besar mendorong masyarakat serta daerahnya untuk mempertahankan perkebunan kelapa serta mengembangkan industrinya di Inhil. Sebab, tegas Deputi Bidang Penelitian dan Pengembangan BRG, Haris Gunawan, perkebunan kelapa merupakan salah satu pola perkebunan yang ramah lingkungan tanpa merusak lahan gambut yang ada.

"Kita sangat bangga bahwa kearifan lokal masyarakat yang sudah turun temurun dalam hal bercocok tanam di Inhil masih dipertahankan dan dilestarikan oleh pemerintahnya," kata Haris kepada Senuju.com melalui telpon selulernya, Ahad (10/9/2017).

Inhil merupakan salah satu kabupaten yang memiliki karakteristik tanah gambut level sedang dengan kedalaman sekitar 3 meter lebih. Namun, varietas perkebunan kelapa yang menjadi komoditas sub sektor perkebunan di Inhil merupakan varietas yang ramah terhadap kelestarian gambut.

Berbeda dengan varietas kelapa sawit yang memiliki karakteristik tanaman yang mampu merusak tanah dalam jangka panjang. Hal ini membuat Wardan sejak tahun pertamanya tak pernah menginginkan kelapa sawit mengganti varietas kelapa yang sudah turun temurun hidup bersama masyarakat.

"Inhil merupakan daerah yang sangat cocok dengan tumbuh kembangnya varietas kelapa. Maka wajar kalau daerah ini disebut sebagai Negeri Hamparan Kelapa Dunia," terang Haris yang juga aktif sebagai pengajar di Fakultas Pertanian Universitas Riau (UR).

Kini, Pemkab Inhil sedang melangsungkan Festival Kelapa Internasional sebagai bagian dari komitmen Wardan dalam mengangkat marwah kelapa Inhil di kancah internasional. Sejalan dengan itu, ia berharap nilai investasi asing dan dalam negeri mampu terdongkrak naik dari sub sektor perkebunan kelapa tersebut.

"Jika investasi naik, kita tentu berharap dan berupaya agar kesejahteraan masyarakat petani kelapa Inhil mampu naik. Karena berbicara kelapa, pastilah berbicara rakyat," tegasnya.(***)

Laporan : Zuhdy Febrianto
Editor : Safari Ar Riziq


Akses Senuju.com Via Mobile m.senuju.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER