Sri Gemilang Resmi Diluncurkan, Varietas Kelapa Unggulan Nasional Asal Inhil Disaksikan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Bupati Indragiri Hilir HM Wardan menerima Sertifikat Penghargaan atas pengembangan varietas kelapa unggul dari Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Ir Bambang

Sri Gemilang Resmi Diluncurkan, Varietas Kelapa Unggulan Nasional Asal Inhil

Redaksi | Sabtu, 09 September 2017 - 23:08:32 WIB
Dibaca: 429 kali 

TEMBILAHAN - SENUJU.COM : Kabupaten Indragiri Hilir kini resmi memiliki varietas 'Kelapa Dalam' unggulan yang bersertifikasi nasional. Varietas kelapa dalam ini diberi nama oleh Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan dengan sebutan Kelapa Sri Gemilang.

Varietas ini merupakan hasil jerih payah Pemkab Inhil yang membawa kelapa Inhil untuk diteliti bersama Kementerian Pertanian dan perguruan tinggi di Lampung selama 4 tahun belakangan, sejak 2013 lalu.

"Ini bentuk komitmen Pemkab Inhil dalam mengangkat potensi kelapa di Inhil yang selama ini sudah dikenal namun belum mendunia," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman ketika membuka Festival Kelapa Internasional 2017 yang digelar di Inhil, Sabtu (9/9/2017).

Sertifikat Penghargaan atas dilepasnya varietas kelapa unggulan Inhil ini, diberikan langsung oleh Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Ir Bambang, kepada Bupati Inhil, HM Wardan, yang disaksikan oleh ribuan masyarakat Inhil saat acara Pembukaan Festival Kelapa Internasional.

Kelapa Sri Gemilang jika dibandingkan dengan kelapa lain pada umumnya, baik kelapa dalam biasa maupun kelapa hibrida memiliki keistimewaan sendiri. Menurut Kementerian Pertanian, Kelapa Sri Gemilang memiliki kandungan minyak dan santan yang lebih tinggi.

Kini kelapa Sri Gemilang akan dibudidayakan secara lebih luas oleh masyarakat petani lokal Inhil. Tujuannya, ungkap Wardan, diharapkan dapat meningkatkan taraf penghidupan petani kelapa di Inhil.

"Semoga dengan diluncurkannya secara resmi varietas unggulan ini dapat dikembangkan di perkebunan-perkebunan kelapa di Inhil yang kita harapkan dapat pula mengangkat taraf hidup masyarakat Inhil," tegas Wardan.

Sebagai informasi, dengan dilepasnya varietas unggulan tersebut, menambah beberapa varietas unggulan di Indonesia. Itu adalah Kelapa Genjah Kuning Bali, Kelapa Genjah Kuning Nias, Kelapa Genjah Salak, Kelapa Dalam Takome, Kelapa Dalam Sawarna, Kelapa Dalam Palu, Kelapa Dalam Tenga, Kelapa Dalam Bali, Kelapa Dalam Mapanget, Kelapa Dalam Kima Atas, Kelapa Dalam Rennel, Kelapa Dalam Lubuk Pakam, Kelapa Dalam Banyuwangi dan terakhir Kelapa Dalam Sri Gemilang Inhil.

Khusus Kelapa Sri Gemilang, merupakan varietas kelapa unggul untuk lahan gambut yang tentu sangat cocok untuk lahan di Inhil dengan mayoritas lahan gambutnya. Sehingga lahan-lahan gambut di Inhil tetap terjaga.(***)

Reporter : Zuhdy Febrianto

Editor : Safari Ar Riziq


Akses Senuju.com Via Mobile m.senuju.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER