Festival Kelapa Internasional, Bupati Wardan Ajak Pelaku Usaha dan Pemerintah Berinvestasi di Inhil Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan saat foto bersama peserta dari berbagai daerah dan negara dalam helat Festival Kelapa Internasional

Festival Kelapa Internasional, Bupati Wardan Ajak Pelaku Usaha dan Pemerintah Berinvestasi di Inhil

Redaksi | Jumat, 08 September 2017 - 00:41:39 WIB
Dibaca: 196 kali 

INHIL, SENUJU.COM - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, HM Wardan mengungkapkan Festival Kelapa Internasional yang digelar di Indragiri Hilir bertujuan untuk mempromosikan potensi investasi usaha kepada dunia terhadap sektor perkebunan kelapa yang besar di kabupatennya.

"Perkebunan kelapa kita adalah yang paling luas di Indonesia bahkan mungkin di dunia. Dari 3 juta hektare lebih luas wilayah perkebunan kelapa di Indonesia, 400 ribu hektare di antaranya berada di Kabupaten Inhil," kata Wardan dalam sambutan Gala Dinner Festival Kelapa Internasional 2017, Tembilahan, Jumat (8/9/2017).

Ia menuturkan, Pemkab Inhil akan membuka pintu investasi bagi pelaku usaha maupun pemerintah yang hendak membangun industri perkelapaan di kabupaten yang bergelar Negeri Seribu Parit ini.

"Kita membuka diri bagi investor untuk menanamkan investasinya di sini," tambahnya.

Ia mengaku, Indragiri Hilir kini membutuhkan peran serta dari pemerintah pusat dan provinsi serta pelaku usaha dalam meningkatkan industri kelapa di Riau. Pasalnya, sekitar 23 persen perkebunan kelapa yang luasnya mencapai 100 ribu hektar kini tengah mengalami kerusakan parah akibat intrusi air laut.

Peran serta tersebut, selain dengan menanamkan investasi di industri kelapa yang mayoritas diproduksi sebagai kopra ini, masyarakat membutuhkan modal untuk menyelamatkan ancaman intrusi dengan pembangunan Trio Tata Air; tanggul, normalisasi kanal dan pintu klap.

"Selama ini masyarakat mengeluhkan ancaman intrusi air laut itu. Kita sudah menemukan caranya, namun banyak masyarakat tidak mempunyai modal yang besar untuk membangun tanggul, pintu klap maupun menormalisasi kanal," ujar Wardan.

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir menggelar pesta penyambutan para tamu dengan makan malam atau Gala Dinner dalam Festival Kelapa Internasional yang bertepatan dengan hari kelapa internasional 2017. (Zuhdy)


Akses Senuju.com Via Mobile m.senuju.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER