Siap-siap, Pemprov Riau Incar Alat Berat dan Kenderaan non-BM Ilustrasi.net

Siap-siap, Pemprov Riau Incar Alat Berat dan Kenderaan non-BM

Redaksi | Kamis, 07 September 2017 - 15:54:22 WIB
Dibaca: 188 kali 

PEKANBARU, SENUJU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bakal menertibkan alat berat dan kenderaan non-BM. Kebijakan ini diberlakukan untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak kendaraan. 

Demikian dikatakan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi, Kamis (7/9/17). Diakuinya, tiga sektor pendapatan seperti pajak kenderaan bermotor, permukaan air dan alat berat belum digarap secara maksimal.

Karena itu, Ahmad Hijazi meminta Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau dapat membenahi dan menyusun program penerimaan pendapatan di daerah-daerah.

"Tadi pagi saya sudah teken surat perintah ke Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) untuk menyisir alat berat di kabupaten/kota yang belum bayar pajak," beber Ahmad Hijazi.

Langkah ini ditempuh untuk mengoptimalkan penerimaan pendapatan. Karena masih banyak perusahaan yang bergerak di bidang alat berat belum membayar pajak alat berat.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Riau, Zainal mengakui telah mendapat perintah untuk menyelidiki keberadaan alat berat yang belum membayar pajak.

"Teknisnya nanti kita rapatkan dengan Bapenda Riau. Karena mereka yang tahu berapa jumlah alat berat yang tersebar di Riau yang belum bayar pajak," katanya.

Tak hanya alat berat, sebut Zainal, pihaknya juga akan menyisir keberadaan kenderaan plat non-BM yang beroperasi di Riau. Karena keberadaan kenderaan non-BM ini dianggap telah merusak jalan provinsi, namun pajak tidak dibayar di Riau.

"Termasuk nanti kenderaan non-BM. Mereka beroperasi di Riau membuat jalan hancur, tapi pajak dibayar di luar Riau," tegasnya sambil menyebut saat operasi Satpol PP akan melibatkan Bapenda, Inspektorat, dan pihak terkait lainnya. (Mawan)


Akses Senuju.com Via Mobile m.senuju.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER