Wukuf Sebentar Lagi, Gubri Harap Jemaah Haji Siap Rohani Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman

Wukuf Sebentar Lagi, Gubri Harap Jemaah Haji Siap Rohani

Redaksi | Selasa, 29 Agustus 2017 - 22:37:26 WIB
Dibaca: 92 kali 

PEKANBARU, SENUJU.COM - Puncak rangkaian ibadah haji tahun 1438 H/2017 M yang ditandai dengan wukuf di Padang Arafah, Mekkah, tinggal dua hari lagi. Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, mempunyai sejumlah pesan untuk sekitar 5.000 jamaah Riau yang kini berada di Tanah Suci. 

Pria yang akrab disapa Andi Rachman ini meminta semua jamaah haji Provinsi Riau untuk menjaga kondisi fisik menjelang momen penting tersebut. "Sebagaimana kita ketahui wukuf di Arafah adalah syarat mutlak dari ibadah haji. Sedangkan prosesnya mulai dari wukuf, mabit di Muzdalifah hingga melontar jamarat seraya mabit di Mina membutuhkan fisik yang prima," ujarnya Senin (28/8/2017). 

Terlepas dari kesiapan fisik ini, kata Gubernur Andi Rachman, yang lebih penting lagi adalah kesiapan rohani menyambut momen krusial yang mungkin hanya sempat dialami sekali seumur hidup ini. "Siapkan diri masing-masing jamaah dengan perbekalan rohani yang mantap menjelang wukuf. Pahami hakikat wukuf itu sendiri dan timbulkan kesadaran dalam hati untuk apa sebenarnya kita jauh-jauh datang ke Tanah Suci dengan segala perjuangan yang sungguh berat. Jangan sampai kesempatan langka itu tersia-sia karena urusan sepele selama di Tanah Suci," ingatnya. 

Pada kesempatan itu, Andi Rachman, juga menyampaikan ucapan duka cita yang sedalam-dalamnya kepada keluarga jamaah haji Riau yang wafat di Tanah Suci, baik di Madinah atau pun Mekkah. Sedangkan untuk jamaah yang sakit dan masih dirawat, Gubernur mendoakan agar diberikan kesembuhan oleh Allah.

"Saya dapat informasi sampai saat ini ada enam jamaah kita yang wafat di Tanah Suci. Saya berharap keluarga bisa ikhlas karena mereka yang wafat sudah mendapatkan yang terbaik karena meninggal di Tanah Suci saat perjalanan menunaikan ibadah haji. Mereka sudah menyambut panggilan Allah yang sesungguhnya, " tuturnya. 

Terakhir pesannya, dia berharap semua jamaah Riau bisa juga mendoakan keselamatan dan kesejahteraan untuk Provinsi Riau khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya. "Harapan utama kita tentu saja semua jamaah bisa menjalankan semua tahapan ibadah haji dengan sempurna. Kami doakan semoga semua jamaah kita mendapatkan haji yang mabrur dan bisa pulang ke Tanah Air dengan selamat, " harapnya. 

Gubernur Andi Rachman mengatakan dirinya sudah meminta para Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Provinsi Riau yang saat ini tersebar hampir di semua Kelompok Terbang (Kloter) untuk menyampaikan pesannya tersebut ke seluruh jamaah Riau di Tanah Suci. "Masing-masing TPHD Provinsi Riau yang tersebar di setiap Kloter, saya minta menyampaikan pesan ini ke jamaah kita," tutupnya. (Mawan) 


Akses Senuju.com Via Mobile m.senuju.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER