Peserta Sangat Antusias, Disbud Riau Sukses Laksanakan Sosialisasi Tunjuk Ajar Kadis Kebudayaan Riau, Yoserizal Zen saat foto bersama dengan para narasumber, peserta dan jajaran pegawai Disbud

Peserta Sangat Antusias, Disbud Riau Sukses Laksanakan Sosialisasi Tunjuk Ajar

Redaksi | Selasa, 29 Agustus 2017 - 21:36:06 WIB
Dibaca: 492 kali 

PEKANBARU, SENUJU.COM - Setelah dibuka dengan resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Tuan Yoserizal Zen, Sosialisasi Tunjuk Ajar Melayu Kepada Siswa dan Pelajar utusan 12 Kabupaten/ Kota se-Provinsi Riau, berakhir petang ini, Selasa 7 Zulhijjah 1438 (29 Agustus 2017).

Acara yang dilaksanakan di Hotel Alpha, Jalan Imam Munandar, Tangkerang, Kota Pekanbaru, dibuka Ahad malam, 5 Zulhijjah 1438 (27 Agustus 2017). Para peserta yang berjumlah 150 siswa/ siswi perwakilan Kabupaten/ Kota se-Riau itu turut didampingi oleh guru atau pegawai Dinas Pendidikan.

Para peserta memeroleh suguhan uraian dan bahasan dari enam pembicara. Keenam-enamnya, yaitu 1) Datuk Seri H. Drs. Taufik Ikram Jamil, M.I.Kom, sastrawan yang juga Sekretaris Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu (MKA LAM) Provinsi Riau, dengan bahasan “Tunjuk Ajar Melayu Melalui Sejarah Melayu Riau”. 2) Datuk Seri Tuan Guru H. Drs. Syafruddin Saleh Sai Gergaji MS, da’i-sastrawan yang juga Ketua Koordinator Bidang Agama dan Nilai-Nilai Adat (Bid. AgNiA) LAM Riau, dan Ketua IV MUI Kota Pekanbaru, dengan bahasan “ Menyimak Nilai-nilai Syara’ Tunjuk Ajar Pada Peradaban Melayu”. 3) Datuk Seri Ir. Fakhrunnas MA Jabbar, M.I.Kom., sastrawan-budayawan dan dosen UIR dengan bahasan “ Nilai Tunjuk Ajar dalam Sastra Melayu”. 4) Datuk Seri H. Drs, O.K. Nizami Jamil, sesepuh adat Melayu dengan bahasan “Nilai-nilai Budaya Melayu dalam Tunjuk Ajar Melayu di Riau”. 5) Datuk Seri H. Zulkifli Z.A. sesepuh adat Melayu dengan bahasan “ Tunjuk Ajar Melayu pada Nikah Kahwin Padat Adat Melayu di Riau”. 6) Datuk Seri SPN Drs. G.P. Ade Darmawi, M.A., teaterawan-budayawan dan dosen UIN Suska Riau dengan bahasan “Tunjuk Ajar Melayu dalam Seni Tradisi di Riau”.

Tok Yos, sapa pebasaan akrab Tuan Yoserizal, sangat puas dengan antusias peserta mengikuti sosialisasi itu. Dia pun bersemangat hadir tiap hari memantau langsung.

Antusias belajar yang begitu semangat juga disebut oleh pendamping dari Kabupaten Kepulauan Meranti, Tuan Abdullah. Dinyatakan oleh pegawai Dinas Pendidikan yang juga pengurus LAM itu, peserta saling berebut ingin bertanya dan menanggapi sehingga pembicara  tak cukup waktu melayani mereka.

“Peseghete begheghebut nak betanye, padahal waktu tebatas,” tukasnya dengan loghat Melayu yang kental.

Tok Tuan Guru yang juga hadir tiap hari setuju dengan pernyataan Tuan ‘Abdullaah. “Sosialisasi Tunjuk Ajar ini sangat sukses,” tandasnya.

Acara sosilisasi, ujar Tok Yos akan dijadikan program berlanjut. Kemungkinan mendatang untuk kalangan guru dan mahasiswa, ujarnya mengancar. (Dani)


Akses Senuju.com Via Mobile m.senuju.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER