Kalahkan Ambon, Gubernur Riau Jadikan Mie Sagu Sarapan Keluarga

Kalahkan Ambon, Gubernur Riau Jadikan Mie Sagu Sarapan Keluarga

Redaksi | Ahad, 27 Agustus 2017 - 20:14:49 WIB
Dibaca: 112 kali 

PEKANBARU, SENUJU.COM - Mie sagu adalah kuliner khas masyarakat di Riau khususnya masyarakat Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti. Makanan yang ada sejak ratusan tahun lalu itu terbuat dari tepung sagu yang diolah dari batang pohon sagu.

Istri Gubernur Riau Hj Sisilita Arsyadjuliandi pada saat membuka acara perlombaan masak mie sagu melayu Riau Kuliner Vaganza 2017 di halaman Gedung Wanita Jalan Diponegoro Pekanbaru, pada Ahad (27/8/2017) mengatakan, dirinya beserta keluarga sangat suka makan mie sagu. Hampir setiap pagi dirinya bersama Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman dan keluarga sarapan mie sagu.

"Mie sagu makanan khas Riau dari Selatpanjang merupakan makanan favorit keluarga kami. Hampir setiap pagi kami sarapan dengan menu ini," kata Hj Sisilita Arsyadjuliandi didampingi Kadis Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal Usman.

Menurut Hj Sisilita, Mie Sagu yang berasal dari batang pohon sagu sangat baik untuk kesehatan. Memiliki kenyalan yang berbeda dari mie-mie yang berbahan dasar terigu.

Di Indonesia pohon sagu terdapat di daerah Maluku, Papua dan Riau. Akan tetapi daerah yang benar-benar menjadikan sagu ini sebagai Mie hanya ada di Provinsi Riau.

Pemerintah Provinsi Riau dinahkodai Gubri H Arsyadjuliandi Rachman, pada tahun 2016 lalu pernah memecah rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan olahan menu makanan dan minuman yang berbahan baku sagu terbanyak di Indonesia.

Sebanyak 369 jenis kuliner berbahan sagu yang dipajangkan dan akhirnya berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), dengan Piagam penghargaan bernomor 7668/MURI/X/2016 mengalahkan rekor MURI yang pernah dipegang oleh Provinsi Ambon yakni sebanyak 308 makanan berbahan sagu pada tahun 2015 silam.(cbc/yan)


Akses Senuju.com Via Mobile m.senuju.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER