Riau Berhasil Mendapat 11 WBTB dari Kemendikbud RI Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen berserta tim memaparkan 11 ajuan WBTB asal Riau

Riau Berhasil Mendapat 11 WBTB dari Kemendikbud RI

Redaksi | Selasa, 22 Agustus 2017 - 23:32:08 WIB
Dibaca: 533 kali 

JAKARTA, SENUJU.COM - Setelah dilakukannya sidang penetapan Warisan Budaya Takbenda (WBTB) ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, akhirnya Riau menjadi Provinsi terbanyak yang mendapatkan sertifikat WBTB dari Kemendikbud RI.

Penetapan tersebut, dilaksanakan di Jakarta yang mana Riau mengusulkan sebanyak 27 WBTB untuk diakui dari Kemendikbud. Dari jumlah yang diusulkan, ternyata sebanyak 11 Warisan Budaya resmi mendapatkan sertifikat WBTB dari Kemendikbud RI.

Mendapat hasil tersebut, Gubernur Riau, Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA mengucapkan rasa terimakasih kepada pelaku atau penutur budaya yang masih mempertahankan warisan budaya Melayu. 

"Tanpa maestro, pelaku atau penutur mustahil Riau mendapatkan sertifikat WBTB dari pemerintah pusat melalui Kemendikbud RI," ucap Gubernur Riau, Selasa (22/08/2017)

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Provinsi Riau, Yoserizal Zen mengatakan, dengan bertambahnya WBTB Provinsi Riau ini, kita sangat mensyukuri dan ke depan akan terus dan tetap melakukan pendokumentasian dan pengkajian terhadap warisan budaya sehingga bisa diusulkan untuk mendapatkan WBTB Indonesia. 

"Kita juga mengharapkan Kabupaten/ Kota  untuk melakukan pembinaan terhadap warisan budaya yg sudah mendapatkan sertifikat. Hal tersebut harus dilakukan sebelum warisan budaya yang banyak kita miliki punah," tutur Yoserizal yang juga sebagai Ketua Dewan Kesenian Riau (DKR).

WBTB Riau yang ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia yakni:

1. Tunjuk ajar Melayu 

2. Sijobang "Buwong Gasiong" 

3. Silat Perisai 

4. Zapin Api 

5. Zapin Meskom 

6. Manongkah 

7. Perahu Beganduang 

8. Batobo 

9. Rumah Lontiok 

10. Selembayung Riau

11. Onduo Rokan

"Dengan didapatnya 11 WBTB kali ini, Riau telah mempunyai 21 WBTB  yang telah mendapatkan sertifikat dari Kemendikbud," tambah Kadis yang juga seniman Riau ini.

Selanjutnya, Yoserizal mengatakan, dengan ditetapkan 21 WBTB dari Riau tersebut, ke 21 WBTB itu sudah bisa diusulkan sebagai warisan budaya dunia ke UNESCO. "Syarat ke UNESCO harus ada sertifikat WBTB. Sementara untuk WBTB ada syarat yang wajib dipenuhi, selain mengikuti 4 kali sidang," ujarnya.

Nantinya, lanjut Yoserizal, sertifikat WBTB akan langsung diserahkan Kemendikbud RI kepada Gubernur Riau, Ir H Arsyadjuliandi Rahman MBA.

"Insyaallah akan langsung diserahkan kepada Gubernur Riau oleh Kemendikbud RI pada November di Jakarta," tutupnya. (Dani)


Akses Senuju.com Via Mobile m.senuju.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER