GAPKI: Riau Magnet Kelapa Sawit Indonesia Ilustrasi.net

GAPKI: Riau Magnet Kelapa Sawit Indonesia

Redaksi | Jumat, 11 Agustus 2017 - 13:07:38 WIB
Dibaca: 451 kali 

PEKANBARU, SENUJU.COM - Proses Pelantikan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia Pengurus GAPKI Cabang Riau Periode 2017-2020 tidak berisi sekedar seremoni, tapi juga membahas berbagai persoalan menyangkut nasib perkebunan kelapa sawit ke depan melalui seminar Pengelolaan Perkebunan Kelapa Sawit Yang Berkelanjutan, di gelar di SKA Co-Ex, Jumat (11/8/2017).

Sementara itu, Ketua GAPKI Riau yang dilantik, Saut Sihombing mengungkapkan, bahwa GAPKI Riau di bawah kepemimpinannya berkomitmen untuk membesarkan industri kelapa kelapa sawit di Riau. Kelapa sawit menurutnya turut memberi andil dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Riau. Untuk itu, GAPKI Riau turut aktif dalam mengembangkan industri perkebunan ke depannya.

"Kami kira hingga kini peluang untuk mengembangkannya sangat besar. Untuk itu, kita butuh kerjasama yang kuat antara pihak pemerintah, lembaga non pemerintah dan masyarakat pelaku usaha perkebunan untuk sama-sama berperan aktif menciptakan usaha perkebunan yang berkualitas," ucap Saut Sihombing.

Sementara pemilihan tema seminar tentang Pengelolaan Perkebunan Kelapa Sawit yang Berkelanjutan. Dia menilai, selama ini kebakaran yang terjadi telah merugikan seluruh pihak termasuk perusahaan kelapa sawit. Isu lingkungan menjadi hal yang terberat yang mereka lawan agar produk-produk turunan kelapa sawit dapat laku di pasar global.

Ketua GAPKI Pusat, H Joko Supriyono dalam sambutannya menyatakan bahwa Riau adalah magnetnya kelapa sawit Indonesia, diperkirakan lahan kelapa sawit di Riau mencapai angka 2.258.553 hektare dari 8 juta hektare secara nasional atau 26,25 persen. Sedangkan penguasaan lahan perkebunan kelapa sawit di Riau hampir 64 persen dikuasai oleh masyarakat umum.

"Industri sawit itu bukan lagi sumber devisa negara, namun sawit telah menjadi tempat harapan hidup jutaan masyarakat kecil, tenaga kerja yang diserapnya, perkembangan ekonomi daerah atau yang lainnya dan sumber industri baru yang terus berkembang dan meyakinkan. Untuk itu, kerja sama semua pihak sangat dibutuhkan agar industri ini terus terjaga," tutup Ketua GAPKI pusat H Joko Supriyono. (Mawan)


Akses Senuju.com Via Mobile m.senuju.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER