Manjakan Penumpang, Kini DAMRI Beroperasi di SSK II Pekanbaru

Manjakan Penumpang, Kini DAMRI Beroperasi di SSK II Pekanbaru

Redaksi | Selasa, 25 Juli 2017 - 09:13:41 WIB
Dibaca: 323 kali 

PEKANBARU, SENUJU.COM - General Manajer Angkasa Pura II Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Jaya Tahoma Sirait menyambut baik kehadiran Bus Djawatan Angkoetan Motor Republik Indonesia (DAMRI), moda transportasi pemandu bagi masyarakat untuk akses keluar masuk bandara yang sudah beroperasi sejak Senin (24/7/2017) kemarin.

"Kami menyambut baik kehadiran DAMRI di Bandara SSK II Pekanbaru, karena sekitar 1,5 tahun yang lalu kami berinisiatif mengundang DAMRI untuk mencoba melayani route dari dan ke Bandara dengan kota sekitar Pekanbaru," kata Jaya kepada Senuju.com, Selasa (25/7/2017).

Awal operasionalnya di SSK II, DAMRI baru membuka rute perjalanan dari bandara ke Bangkinang, begitu juga sebaliknya. Kehadiran angkutan pemadu moda DAMRI ini menjadi salah satu alternatif dan pilihan masyarakat, khususnya warga Bangkinang. 

Dengan tarif sebesar Rp35 ribu relatif lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sementara ini sudah ada 3 unit bus DAMRI yang melayani rute pemberangkatan.

Jaya berharap kepada pengurus DAMRI untuk memberikan pelayanan terbaik dengan segera melengkapi lagi fasilitas seperti Wifi, AC harus sejuk, dan yang terpenting ketepatan dan keteraturan waktu keberangkatan baik dari Bandara maupun dari Terminal Bus Bangkinang harus terjaga.

Tak berhenti di situ, DAMRI, kata Jaya juga berencana mengembangkan usahanya di Riau ini dengan menambah rute perjalanan ke bandara. "Potensi pembukaan rute baru tentu sesuai animo masyarakat. Namun destinasi seperti Pangkalan Kerinci, dan Kandis patut untuk dicoba," jelasnya.

Bupati Kampar, Azis Zaenal menyampaikan terima kasihnya kepada Kementerian Perhubungan RI dan Dirut Perum DAMRI yang memilih Kampar sebagai perintis moda transportasi publik ini. Selain menekan polusi bisa menjadi alternatif transportasi publik.

Lanjutnya, Jepang sebagai negara maju lebih mengutamakan menggunakan moda transportasi publik dan sangat diharapkan masyarakatnya. Hal ini berbanding terbalik dengan Indonesia. Kehadiran DAMRI diharapkan memberi rasa aman dan nyaman.

Beroperasinya tiga unit dari lima unit bus DAMRI berkat kerja keras Pemkab Kampar yang ingin tingkatkan pelayanan transportasi kepada masyarakat. Ia juga mengajak masyarakat Kabupaten Kampar menggunakan bus DAMRI karena harga sewa jauh lebih murah dari kendaraan pribadi.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kampar Hambali dalam laporannya menyampaikan, apabila terjadi peningkatan penumpang maka pihak Perum DAMRI berjanji menambah dua unit bus DAMRI.

"Apabila Bupati Kampar ada MoU yang mewajibkan pegawai dan ASN menggunakan angkutan umum DAMRI. Maka Direktur Umum DAMRI maka akan menambah dua unit baru dan fasilitas yang lebih baik," kata Hambali. (Zuhdy)


Akses Senuju.com Via Mobile m.senuju.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER