'Statement' Mengejutkan Angkasa Pura Soal Runway SSK II Pekanbaru

'Statement' Mengejutkan Angkasa Pura Soal Runway SSK II Pekanbaru

Redaksi | Selasa, 25 Juli 2017 - 07:57:55 WIB
Dibaca: 436 kali 

PEKANBARU, SENUJU.COM - General Manajer Angkasa Pura II Bandara SSK II Jaya Tahoma Sirait mengatakan perpanjangan runway Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II belum terlalu prioritas. Katanya, untuk melakukan perpanjangan landasan pacu suatu bandara perlu banyak kajian.

Untuk membangun runaway SSK II, perlu waktu dan biaya yang tidak sedikit. "Untuk di SSK II, biaya untuk memperpanjang runway menjadi 3.000 meter mencapai lebih dari Rp1 triliun," kata Jaya, Selasa (25/7/2017).

Alasan lain pertimbangan pihak Angkasa Pura belum dilakukan penambahan jalur di SSK II adalah kondisi penumpang di bandara. Menurutnya, jumlah penumpang di bandara SSK II masih dapat tertampung.

"Kapasitas penerbangan di bandara masih bisa menampung hingga 144 penerbangan. Sekarang ini rata-rata penerbangan saat ini ada 84 penerbangan," papar Jaya.

Saat ini, runway di SSK sendiri panjangnya adalah 2.600 meter. Namun ada rencana akan diperpanjang hingga menjadi 3.000 meter.

Menanggapi hal itu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman sempat mempertanyakan kembali maksud pihak Angkasa Pura II tersebut.

"Tentu mandangnya itu berbeda, ini sudah menjadi keputusan dan arahan presiden bahkan menteri BUMN sudah melihat lokasi, mana lagi yang belum perlu?," tanya Andi Rachman.

Tidak hanya itu saja, saat ini Andi juga memprioritaskan tentang terminal cargo bandara SSK II. Ini dikarenakan kapasitas dari terminal dibandara tersebut sudah penuh. "Terminal sekarang sudah 'full capasity'," katanya lagi.

Disinggung mengenai prioritas manakah yang akan dibangun terlebih dahulu, gubernur mengatakan keduanya merupakan hal yang diprioritaskan untuk dibangun.

"Kalau menteri duanya sekaligus, kita bereskan masalah dekat terminal yang dibereskan oleh Angkasa Pura, baru pembebasan runway," tutupnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait soal rencana perpanjangan runway Bandara SSK II. Ini sebagai bagian dari rencana jangka panjang Pemerintah untuk menjadikan Riau sebagai Embarkasi Haji.(Zuhdy)


Akses Senuju.com Via Mobile m.senuju.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER