Serasa Jatuh Tertimpa Tangga, Tarif Listrik Naik Diiringi Anjloknya Harga Karet di Kuansing Ilustrasi.net

Serasa Jatuh Tertimpa Tangga, Tarif Listrik Naik Diiringi Anjloknya Harga Karet di Kuansing

Redaksi | Kamis, 27 April 2017 - 09:36:15 WIB
Dibaca: 271 kali 

TELUK KUANTAN, SENUJU.COM - Naiknya tarif pembayaran lisrik kini mulai dirasakan oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Riau. Pasalnya, kenaikan listrik oleh pihak Pemerintah Pusat diiringi dengan anjloknya harga karet di Kuansing.

Salah seorang warga Kuansing di Desa Pangkalan Kecamatan Pucuk Rantau, Agus (42) mengatakan, pemerintah seharusnya berpikir jernih dengan menaikkan tarif listrik ini.

"Biasanya saya bayar Rp96.000 sekarang saya bayar hampir Rp200.000 per bulan, kan luar bisa naiknya," ungkap Agus kepada Senuju.com, Kamis (27/4/2017).

Selanjutnya, Agus menambahkan, dengan naiknya tarif listrik ini menambah penderitaan rakyat kecil khususnya bagi petani karet.

"Harga karet hanya Rp5.500 per kilo (Kg), mana sekarang musim penghujan," pungkasnya.

Keluhan yang sama juga diutarakan oleh salah seorang masyarakat desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Iyan (55) menyebutkan, dengan tarif listrik yang murah saja banyak masyarakat yang lambat membayar apa lagi sudah naik seperti ini.

"Seharusnya pemerintah memikirkan nasib rakyat kecil, jangan memikirkan keuntungan, kasihan rakyat," tutupnya.

Untuk diketahui, pencabutan subsidi tahap pertama dilakukan pada periode Januari hingga Februari. Dengan begitu tagihan pembayaran listrik naik menjadi Rp98 ribu per bulan dari sebelumnya Rp74.740 per bulan.

Kemudian pada tahap kedua, pencabutan subsidi listrik dilakukan pada Maret hingga April 2017. Pada pencabutan tahap kedua‎, tarif listrik naik menjadi Rp130 ribu per bulan dari Rp98 ribu per bulan.

Sementara pencabutan tahap ketiga berlangsung Mei hingga Juni 2017, tagihan bayar listrik bertambah menjadi Rp185.794 per bulan dari Rp130 ribu.

Tahap ketiga merupakan tahap terakhir pencabutan subsidi. ‎Setelah pencabutan subsidi tuntas pada Juni 2017, pembayaran listrik bagi pelanggan listrik 900 VA yang terkena pencabutan subsidi akan menggunakan skema penyesuaian tarif.(nto)


Akses Senuju.com Via Mobile m.senuju.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER