HM Wardan: Tes Kesehatan Itu Wajib, Pemimpin Rakyat Harus Sehat

Jumat, 12 Jan 2018 - 13:40:00 WIB
Dibaca 439 Kali

PEKANBARU, SENUJU.COM - Selain empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, tiga pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hilir (Inhil) juga menjalani Tes Kesehatan Psikologis di RSUD Arifin Ahmad, Jumat (12/1/2018).

Ketiga Balon Bupati dan Wakil Bupati HM Wardan-Syamsudin Uti, Rosman Malomo-Mus Mulyadi, dan Ramli Walid-Ali Azhar.

Komisioner KPU Riau Abdul Hamid, mengatakan, menjelaskan sesi pemeriksaan dimulai pada pukul 07.30 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB.

Salah satu Calon Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan usai tes mengatakan, Tes Kesehatan itu adalah salah syarat yang wajib dijalani oleh masing-masing calon kepala dan wakil kepala daerah.

"Karena kalau tidak sehat, tentu tidak layak menjadi pemimpin rakyat. Ini adalah syarat yang wajib. Dulu Saya waktu mencalonkan diri juga menjalani ini," ujarnya.

Dirut RSUD Arifin Ahmad Nuzelly Husnedi mengatakan sesuai dengan keputusan KPU nomor 231, maka RSUD ditunjuk oleh KPU untuk melakukan tes untuk para bakal calon, Jumat (12/1/2018) siang.

Untuk informasi, keputusan KPU Nomor 231 itu berkaitan dengan petunjuk teknis standar kemampuan jasmani dan rohani serta standar pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkotika dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau walikota dan wakil walikota.

"Jadi, untuk merekomendasikan ini juga ada dari IDI, Himpunan Psikologi Seluruh Indonesia (Himpsi) dan BNN," pungkasnya.

Sedangkan tim yang memeriksa para bakal calon itu merupakan tim dokter yang independen. Pihaknya menyiapkan 30 dokter untuk pemeriksaan tersebut.

"Ketiga tim itu mengajukan rekom kepada saya dan saya hanya memfasilitasi. Tentunya apa saja yang kita lakukan hari ini juga telah dikordinasikan dengan KPU," tutupnya.(ryv)


Editor: Ryan




TAG :
tinggalkan komentar
berita terkait
TELUK KUANTAN - SENUJU.COM : Pesta politik 2019 sudah mulai terasa di kalangan msyarakat, hal ini di perkuat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuantan ...

Bawaslu Temukan 834 Pemilih Ganda di Meranti

Selasa, 11 Sep 2018 - 17:08:00 WIB
SELATPANJANG - SENUJU.COM : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Kepulauan Meranti menemukan adanya kegandaan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU Meranti sebanyak 834 pemilih."Setelah dilihat ...

Polda Riau Lakukan Deklarasi Pemilu 2019 Damai

Selasa, 4 Sep 2018 - 18:57:00 WIB
PEKANBARU, SENUJU.COM - Mengangkat tema "Pemilu 2019 aman, damai, sejuk dan kondusif", pihak Polda Riau bersama dengan TNI, serta Kejaksaan dan jajaran Pemerintah Provinsi Riau, ...
PEKANBARU, SENUJU.COM-Demi menjaga rasa aman dari ratusan massa yang menolak kedatangan Neno Warisman ke Pekanbaru, sejak tadi siang. Aparat kepolisian tidak memberikan izin untuk keluar ...
PEKANBARU, SENUJU.COM-Pihak kepolisian mengusir masa yang ingin menjemput aktivis #2019GantiPresiden Neno Warisman beserta rombongannya.Masa yang ingin menjemput Neno Warismam terpaksa membubarkan diri. ''Kami meminta agar ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED