Kapolda: Pilkada di Riau Aman dan Bermartabat, karena Selalu Berpantun

Jumat, 12 Jan 2018 - 06:37:00 WIB
Dibaca 217 Kali
Side Article

PEKANBARU, SENUJU.COM - Polda Riau telah menyiagakan sebanyak 9.000 personel dalam upaya pengamanan pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Setiap tahapan berbeda (jumlah personel). Akan tetapi secara keseluruhan totalnya 9.000 lebih," kata Kepala Polda Riau, Irjen Pol Nandang.

Secara umum, Kapolda menuturkan bahwa tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Provinsi Riau berlangsung aman. Hingga batas akhir pendaftaran pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Rabu (10/1/2018) kemarin, tidak ada eskalasi gangguan keamanan.

Dirinya berharap, seluruh tahapan Pilkada di Bumi Lancang Kuning akan terus berjalan dengan baik.

"Kalau di Melayu tidak ada yang rawan, karena selalu berpantun. Pantun itu menandakan kesantunan. Mudah-mudahan kesantunan dapat membawa Pilkada yang bermartabat," tuturnya.

Lebih jauh, Nandang menjelaskan bahwa Polda Riau akan mengerahkan personel polisi kepada setiap pasang bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang bertarung.

"Masing-masing ada pengawalan, melekat pada bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang mendaftar," ujarnya memastikan.

Hingga batas akhir pendaftaran di KPUD Riau, sebanyak empat pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur secara resmi telah mendaftar untuk Pilkada serentak 2018.

Masa pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada Riau berlangsung sejak 8 hingga 10 Januari pukul 24.00 WIB.

Gubernur Riau petahana, Arsyadjuliandi Rachman memastikan maju untuk kali kedua di Pilkada Riau. Arsyadjuliandi menggandeng Bupati Rokan Hilir, Suyatno, sebagai calon wakil gubernur. Pasangan tersebut diusung oleh Partai Golkar, PDIP dan Hanura.

Pasangan lain yang juga sudah mendaftar adalah Syamsuar-Brigjen TNI Edy Natar Nasution. Syamsuar adalah Bupati Siak, sedangkan Brigjen TNI Edy adalah prajurit aktif yang menjabat Komandan Korem 031 Wira Bima.

Pasangan kombinasi birokrat-militer ini diusung oleh koalisi partai politik, PAN, PKS dan NasDem.

Bakal calon ke-3 yang sudah mendaftar adalah Firdaus-Rusli Effendi. Firdaus merupakan Wali Kota Pekanbaru, sedangkan Rusli Effendi adalah salah satu ketua dijajaran Dewan Pimpinan Pusat PPP. Mereka diusung oleh Partai Demokrat dan PPP.

Pendaftar paling akhir pada Rabu malam adalah pasangan Lukman Edy-Hardianto. Pasangan ini diusung oleh PKB dan Gerindra.

Untuk selanjutnya, KPU Riau akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap masing-masing kandidat di RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru. Pemeriksaan kesehatan tersebut diagendakan pada tanggal 12-13 Januari.(ryv)


Editor: Ryan




TAG :
tinggalkan komentar
berita terkait
PEKANBARU - SENUJU.COM : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau melakukan Sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tahun 2018 dengan mengundang 45 orang Pengurus ...
MERANTI, SENUJU.COM - Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H Said Hasyim, bersama rombongan Pemkab Meranti melaksanakan Safari Ramadan di Desa Tanjung Kulim, Kecamatan Merbau Kabupaten ...

Pjs Bupati Inhil Hadiri Ulang Tahun BPKP

Kamis, 31 Mei 2018 - 09:42:00 WIB
INHIL, SENUJU.COM - Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H Rudyanto SH MSi menghadiri acara ulang tahun BPKP yang ke-35 sekaligus penerimaan penghargaan APIP ...

Pjs Bupati dan Sekda Inhil Buka Bersama KKIH Jakarta

Senin, 28 Mei 2018 - 15:35:00 WIB
JAKARTA, SENUJU.COM - Sudah menjadi tradisi di setiap tahunnya, pada bulan Ramadhan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama Kerukunan ...
PEKANBARU - SENUJU.COM : Ketua DPD Golkar Provinsi Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, sesalkan KPU dan Bawaslu Provinsi Riau yang tidak hadir memenuhi undangan DPD Golkar ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED