Genangan air menutup salah satu jalan di pemukiman warga di Kabupaten Kampar, Riau.

Pemprov Siapkan Logistik untuk Korban Banjir Waduk PLTA Koto Panjang

Selasa, 2 Jan 2018 - 22:17:42 WIB
Dibaca 77 Kali

PEKANBARU, SENUJU.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau segera menyiapkan bantuan logistik untuk korban terdampak banjir di Kabupaten Kampar akibat dibukanya tiga pintu waduk PLTA Koto Panjang.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau agar sesegera mungkin menyiapkan bantuan.

"Pak Gubernur sudah memerintahkan agar menyiapkan logistik. Dan itu sudah kita lakukan, logistik sudah kita drop ke kabupaten yang terkena dampak itu. Termasuk penguatan dengan BPBD kabupaten/kota," jelas Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger.

"Khusus bagi masyarakat yang berada di bantaran sungai, kita juga mengimbau agar tetap waspada. Walaupun saat ini masih aman, karena hanya tiga pintu yang dibuka untuk antisipasi saja. Waduk masih normal karena ketinggian air baru di kisaran 80.5 dari siaga 82.5," terang Edwar Sanger.

Sebelumnya, pihak PLTA Koto Panjang, menjelaskan 3 spillway PLTA dibuka dengan posisi elevasi 80.31 mdpl, setinggi 30 Cm. Dibukanya ketiga pintu air PLTA untuk menjaga keseimbangan waduk agar tidak jebol saat menahan debit air yang semakin tinggi.

Manajer SDM dan Umum PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR), Dwi Suryo Abdullah, mengatakan posisi elevasi waduk saat dibuka adalah 80.32 mdpl. Dan Pembukaan pintu 1 dimulai pukul 13.00 WIB. kemudian dilanjutkan pintu 3 lalu kemudian pintu 5.

"Sebenarnya, disign waduk mampu menampung air hingga ketinggian 82 mdpl, namun meski saat ini masih di angka 80,32 mdpl namun pintu waduk tetap dibuka agar agar warga yang bermukim di sisi air merasa aman.

Dijelaskan Dwi Suryo, dengan telah dibukanya spillway PLTA, pihaknya mengimbau warga yang tinggal pinggiran Sungai Kampar maupun yang beraktivitas di sungai untuk berhati-hati dan waspada ketika akan melakukan aktifitas, mengingat curah hujan yang tinggi dan pintu buangan air bendungan dibuka.

"Sebaiknya untuk sementara waktu tidak melakukan aktifitas di sungai atau bantaran sungai Kampar sampai kondisi yang stabil dan aman untuk beraktifitas," tutup Dwi.

 

Editor: Ryan




TAG :
tinggalkan komentar
berita terkait

SELATPANJANG, SENUJU.COM - Pergerakan dan aksi nyata terus dilakukan relawan Mitra VJ dan YSPM demi terciptanya masyarakat Meranti yang sehat. Salah satunya dengan melakukan pertemuan ...

Duh, Dua Desa di Meranti Ini Terancam 'Hilang'

Sabtu, 13 Jan 2018 - 10:05:00 WIB

SELATPANJANG, SENUJU.COM - Intensitas angin serta gelombang yang tinggi beberapa waktu belakangan membuat warga yang berada di sekitar perairan was-was. Hal ini terlihat seperi di ...

KAMPAR, SENUJU.COM - Selasa (2/1/2018), sehubungan tingginya curah hujan di kawasan hulu Waduk PLTA Koto Panjang beberapa hari terakhir telah berdampak pada naiknya permukaan air ...

PEKANBARU, SENUJU.COM - Karena hujan deras dengan didampingi angin yang kencang mengakibatkan banjir di daerah Jalan Lintas Sumatra Barat, Pangkalan Koto Baru, Kabupaten 50 Kota ...

Diprediksi, Hujan Masih 'Awet' di Riau

Selasa, 26 Des 2017 - 09:23:12 WIB

PEKANBARU, SENUJU.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru kembali merilis kondisi cuaca di wilayah Riau untuk hari ini, Selasa (26/12/2017). Seperti kemarin, ...


KABAR TERKINI

bergabung disini
KABAR POPULER