Mengungkit Pembangunan Riau 4 Tahun Terakhir

Minggu, 31 Des 2017 - 22:18:14 WIB
Dibaca 438 Kali

PEKANBARU, SENUJU.COM - Sepanjang 2014-2017, Pemerintah Provinsi Riau lebih memprioritaskan pembangunan fungsional jalan, sehingga ruas-ruas jalan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan transportasi bagi masyarakat.

Setidaknya, sepanjang tahun tersebut, telah digelontorkan anggaran sebesar Rp3,6 triliun untuk menyentuh jalan sepanjang 665,73 Kilometer.

Pada 2014, digelontorkan anggaran sebesar Rp652,6 miliar untuk ruas jalan sepanjang 125,92 Kilometer. Selanjutnya pada 2015, digelontorkan anggaran sebesar Rp1,26 triliun untuk pembangunan 229,02 Kilometer jalan.

Kemudian pada 2016 dianggarkan sebesar Rp884,7 miliar untuk 163,99 Kilometer. Terakhir pada 2017 ini dianggarkan dana sebesar Rp838,8 miliar untuk jalan 146,8 Kilometer.

Sementara untuk pembangunan jembatan, sepanjang 2014-2017 setidaknya sudah dibangun 32 jembatan sebagai kemudahan akses masyarakat untuk melakukan aktivitas. Setidaknya ada sekitar Rp609 miliar anggaran digelontorkan untuk pembangunan jembatan-jembatan tersebut.

Beralih kepada bantuan untuk masyarakat miskin, tercatat sudah dibangun 1.969 unit Rumah Layak Huni Sehat. "Sementara di tahun 2018, kita menargetkan pembangunan dua ribu unit rumah layak huni untuk masyarakat miskin," tegas Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman saat konferensi Pers Akhir Tahun 2017 Provinsi Riau di Gedung Daerah, Ahad (31/12/2017).

Gubernur menerangkan peningkatan potensi berbagai sektor di Provinsi Riau. Termasuk bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata hingga kebudayaan.

Untuk pariwisata, terus menunjukkan peningkatan dari sisi promosi dan pengembangan. Hal ini dimulai sejak diluncurkannya tagline 'The Homeland of Melayu' oleh Pemerintah Provinsi Riau.

Pengembangan pariwisata berbasis budaya cukup menjadikan Riau diperhitungkan di tingkat nasional. Sejumlah prestasi telah dibuktikan dengan menutup 2017 Riau menerima juara umum Anugerah Pesona Indonesia (API) dari Kementerian Pariwisata RI.

"Setidaknya ada tujuh penghargaan yang kita terima pada API 2017. Diantaranya Tempat Berselancar Terpopuler (Bono), Situs Bersejarah Terpopuler (Istana Siak), Makanan Tradisional (Bolu Berondam), Festival Pariwisat Terpopuler (Pacu Jalur), Minuman Tradisional Terpopuler (Laksamana Mengamuk), Objek Wisata Belanja Terpopuler (Pasar Bawah) dan Atraksi Budaya Terpopuler (Bakar Tongkang)," papar Gubernur.

Ditegaskan Gubernur, apa pun prestasi dan peningkatan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Riau, merupakan kerja nyata dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Ini hasil kerja nyata kita bersama. Bukan Saya pribadi. Jadi mari kita tingkatkan lagi untuk pembangunan Riau ke depanya," kata Gubernur.

Hadir dalam Ekspos tersebut Kapolda Riau, Danrem 031/Wirabima, Danlanal, Danlanud, pejabat teras di lingkungan Pemprov Riau, petinggi Polda Riau dan undangan lainnya.(***)

 

Editor: Ryan


tinggalkan komentar
berita terkait

Gerakan Kawal APBD Inhil, APMI Geruduk Kantor DPRD

Senin, 19 Nov 2018 - 15:57:00 WIB
INHIL, Senuju.com - Asosiasi Pemuda dan Mahasiswa Inhil (APMI) geruduk Kantor DPRD Kabupaten Inhil. Aksi tersebut merupakan bagian dari Gerakan Kawal APBD Inhil yang berbentuk demonstrasi, ...
TELUK KUANTAN - SENUJU.COM : Dalam rangka meningkatkan penerimaan dari pajak dan restribusi daerah, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kuantan Singingi, Riau  meminta dukungan Kejaksaan Negeri ...
PEKANBARU - SENUJU.COM : Pelaksanaan Deklarasi Pemuda Riau Melawan Hoax (PRMH) yang ditaja PWI Kota Pekanbaru di Kota Pekanbaru berjalan lancar dan sukses. Acara yang ...
PEKANBARU - SENUJU.COM : Sempat dijadwalkan hadir dalam acara Deklarasi Pemuda Riau Melawan Hoax (PRMH) yang ditaja Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Pekanbaru, Ahad (28/10/2018) ...
TELUK KUANTAN - SENUJU.COM : Ketua Komisi C DPRD Kuansing, Andi Cahyadi menghadiri undangan masyarakat Desa Sikijang, Kecamatan Logas Tanah Darat dan ikut menabur sekitar ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED