Gubernur: Semangat Kebudayaan Melayu Riau Tahun Ini Luar Biasa

Minggu, 31 Des 2017 - 21:19:22 WIB
Dibaca 590 Kali
Side Article

PEKANBARU, SENUJU.COM - Gubernur Riau, Datuk Seri Setia Amanah, H Arsyadjuliandi Rachman, menyandarkan asa kepada Dewan Kesenian Riau (DKR) sebagai salah satu wadah pencapai Visi Riau sebagai Pusat Kebudayaan Melayu di Asia Tenggara Tahun 2020.

DKR masih butuh penguatan lagi dengan membentuk di kabupaten dan kota, minimal tetap menguatkan koordinasi dengan lembaga serta instansi terkait di daerah.

"Saya lihat tugas DKR membina dan mengembangkan seni di Riau. Kalau selama ini secara hirarki di kabupaten dan kota tidak ada. Bisa dibangun dengan koordinasi yang bagus. LAM Riau sudah membentuk kepengurusan sampai ke tingkat kecamatan," kata Gubri.

Upaya mencapai Visi Riau 2020 itu makin hari semakin memperlihatkan hasil. Semua pihak yang terlibat terus bekerja keras. Begitu juga dengan instansi terkait.

"Geliat kebudayaan tahun ini sangat luar biasa. Lebih meriah dibanding sebelumnya. Berarti Dinas Kebudayaan bekerja sesuai dengan tupoksinya," kata Gubri.

Kesibukan Dinas Kebudayaan Riau ini kata Gubri memberikan dampak-dampak yan baik terhadap Riau. Jelas dan terang dalam komitmen menjaga serta mengembangkan kebudayaan yang ada di Provinsi Riau.

"Dinas Pariwisata kita juga sudah menempat pariwisata berbasis budaya untuk dipromosikan ke dunia. Ini juga bagian dari komitmen kita," kata Gubri.

Yang terbaru adalah pengakuan Riau sebagai Pusat Zapin di Indonesia. Juga pengakuan-pengakuan lainnya seperti Warisan Budaya Tak Benda. "Dan tahun depan kita harapkan Pantun mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai Warisan Dunia," harap Gubri.(***)

 

Editor: Ryan


tinggalkan komentar
berita terkait
PEKANBARU, SENUJU.COM - Ledakan lelo atau meriam Kerajaan Gunung Sahilan yang terjadi pada Rabu kemarin tidak hanya meninggalkan kesedihan mendalam bagi keluarga korban.Meriam kerajaan yang ...
PEKANBARU, SENUJU.COM - Pasca dilakukannya penggalian di tempat mengandung dugaan purbakala (eskavasi) susunan batu bata yang diduga candi di kawasan Candi Muara Takus Kabupaten Kampar, ...
PEKANBARU, SENUJU.COM - Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen, menyebutkan, jika memang penemuan pecahan bebatuan di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar merupakan situs, ...
PEKANBARU, SENUJU.COM - Kejadian aneh mengiringi penemuan peninggalan kuno yang diduga bagian dari cagar budaya Candi Muara Takus di Kabupaten Kampar, Riau, dan menimpa para ...
INHIL, SENUJU.COM - Untuk memeriahkan peringatan Milad ke-22 Kecamatan Gaung, Pemerintah Kecamatan dan masyarakat Gaung menyelenggarakan Lomba Sampan Selodang tingkat. Lomba ini diikuti oleh satu ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED