Gubernur: Semangat Kebudayaan Melayu Riau Tahun Ini Luar Biasa

Minggu, 31 Des 2017 - 21:19:22 WIB
Dibaca 478 Kali

PEKANBARU, SENUJU.COM - Gubernur Riau, Datuk Seri Setia Amanah, H Arsyadjuliandi Rachman, menyandarkan asa kepada Dewan Kesenian Riau (DKR) sebagai salah satu wadah pencapai Visi Riau sebagai Pusat Kebudayaan Melayu di Asia Tenggara Tahun 2020.

DKR masih butuh penguatan lagi dengan membentuk di kabupaten dan kota, minimal tetap menguatkan koordinasi dengan lembaga serta instansi terkait di daerah.

"Saya lihat tugas DKR membina dan mengembangkan seni di Riau. Kalau selama ini secara hirarki di kabupaten dan kota tidak ada. Bisa dibangun dengan koordinasi yang bagus. LAM Riau sudah membentuk kepengurusan sampai ke tingkat kecamatan," kata Gubri.

Upaya mencapai Visi Riau 2020 itu makin hari semakin memperlihatkan hasil. Semua pihak yang terlibat terus bekerja keras. Begitu juga dengan instansi terkait.

"Geliat kebudayaan tahun ini sangat luar biasa. Lebih meriah dibanding sebelumnya. Berarti Dinas Kebudayaan bekerja sesuai dengan tupoksinya," kata Gubri.

Kesibukan Dinas Kebudayaan Riau ini kata Gubri memberikan dampak-dampak yan baik terhadap Riau. Jelas dan terang dalam komitmen menjaga serta mengembangkan kebudayaan yang ada di Provinsi Riau.

"Dinas Pariwisata kita juga sudah menempat pariwisata berbasis budaya untuk dipromosikan ke dunia. Ini juga bagian dari komitmen kita," kata Gubri.

Yang terbaru adalah pengakuan Riau sebagai Pusat Zapin di Indonesia. Juga pengakuan-pengakuan lainnya seperti Warisan Budaya Tak Benda. "Dan tahun depan kita harapkan Pantun mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai Warisan Dunia," harap Gubri.(***)

 

Editor: Ryan




TAG :
tinggalkan komentar
berita terkait

PEKANBARU, SENUJU.COM - Sejarawan, Budayawan sekaligus tokoh masyarakat Riau, Prof Suwardi MS juga angkat bicara menyoal percobaan pembakaran Istana Siak oleh oknum yang belum juga ...

Syamsuar: Pembakar Istana Siak Orang Tak Waras

Rabu, 10 Jan 2018 - 10:20:00 WIB

SIAK SRI INDRAPURA, SENUJU.COM - Pelaku percobaan pembakaran Istana Siak hingga saat ini masih belum ditemukan. Namun sejumlah pihak mengklaim bahwa pelakunya diduga stres atau ...

PEKANBARU, SENUJU.COM - Menindaklanjuti instruksi Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Riau Yoserizal Zen melihat langsung kondisi Istana Siak pasca dibakarnya patung ...

Hujan Memberkahi, Dewan Kesenian Riau Resmi Dikukuhkan

Minggu, 31 Des 2017 - 20:54:07 WIB

PEKANBARU, SENUJU.COM - Malam jelang pergantian tahun 2018 menjadi momen Pengukuhan Kepengurusan Dewan Kesenian Riau (DKR) masa khidmat 2017-2022. Pengukuhan sendiri langsung dilakukan oleh Gubernur ...

PEKANBARU, SENUJU.COM - Sejak dilaksanakannya Musyawarah Seniman Daerah (Musenda) pada 22 Mei 2017 yang lalu, Dewan Kesenian Riau (DKR) telah membentuk kepengurusan. Di bawah pimpinan ...


KABAR TERKINI

bergabung disini
KABAR POPULER