DKR

Akhir Tahun Kepengurusan DKR Dikukuhkan, Berbagai Pertunjukan Rakyat Ramaikan Kediaman Gubernur

Sabtu, 30 Des 2017 - 17:19:48 WIB
Dibaca 346 Kali
Side Article

PEKANBARU, SENUJU.COM - Sejak dilaksanakannya Musyawarah Seniman Daerah (Musenda) pada 22 Mei 2017 yang lalu, Dewan Kesenian Riau (DKR) telah membentuk kepengurusan. Di bawah pimpinan Ketua Umum terpilih Yoserizal Zen, kepengurusan tersebut akan dikukuhkan tepat pada akhir tahun 2017, Ahad (31/12/2017) malam.

Bertempat di Rumah Kediaman Gubernur Riau, kepengurusan sebagai wadah dan payung seniman Riau tersebut akan dikukuhkan oleh Gubernur Riau, Datuk Seri Setia Amanah, H Arsyadjuliandi Rachman.

Ketua Umum Dewan Kesenian Riau, Yoserizal Zen menyebutkan kegiatan pengukuhan akan diisi oleh berbagai pertunjukan kesenian. Berbagai kalangan menyatakan telah bersedia untuk ikut serta dalam acara pengukuhan tersebut.

"Alhamdulillah pengukuhan ini turut serta diikuti oleh berbagai kalangan. Selain dihadiri seniman, kita juga mengundang masyarakat adat yang ada di Riau. Seperti Bangsa Orang Laut, Suku Petalangan, Suku Sakai, Suku Akit, Suku Talang Mamak dan Suku Bonai," ungkap Ketua Umum yang akrab disapa Tuk Yos ini, Sabtu (30/12/2017).

Tidak hanya itu, Yose juga menambahkan bahwasannya kemeriahan acara juga akan diisi oleh kesenian-kesenian dari paguyupan yang ada di Riau. Di antaranya adalah pertunjukan wayang dari Ikatan Keluarga Jawa Riau (IKJR), lalu Barongsai dari Persatuan Masyarakat Tionghua Seluruh Indonesia (PMSTI) Riau dan pertunjukan dari Ikatan Pemuda Minang Riau (IPMR).

"Jadi selain ada kesenian Melayu seperti Sonde dan Randai bersama Fakhri Semekot Cs, juga turut dimeriahkan oleh keluarga paguyupan Riau. Panggung Seni Budaya dari SMA/SMK di Pekanbaru. Lalu ada band slow rock Melayu, Woy Band. Untuk pengukuhan dilaksanakan di Balai Pauh Janggi, sementara pertunjukan di Lapangan Helipad kediaman. Semuanya terbuka untuk umum," tambah Ketua Umum DKR 2017-2022 tersebut.

Yose mengungkapkan, bahwasannya keberadaan DKR adalah wadah bagi seniman Riau. Sejak didirikan pada 9 Januari 1993, DKR telah banyak melahirkan kegiatan dan mewadahi bagi keberadaan dan eksistensi seniman di Riau.

"Kita mengharapkan ke depan, kita saling bahu membahu membangun kesenian di Riau. Apalagi seniman dan kesenian adalah salah satu garda terdepan untuk menjadikan Riau sebagai pusat kebudayaan Melayu," ucapnya.

Yose juga menambahkan setelah dikukuhkan nantinya, tim kepengurusan yang terdiri dari 5 komite yakni Komite Tari, Sastra, Teater dan Film, Musik, serta Seni Rupa akan menyusun rancangan kegiatan. Lalu kerja selanjutnya adalah menyesuaikan rancangan kegiatan tersebut ke Pemerintah Daerah (Pemda) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

"Setelah pengukuhan ini adalah kerja kita bersama. Sekali lagi mari bahu membahu," tutup Yose.

 

Laporan: Dani
Editor: Redaksi


tinggalkan komentar
berita terkait
PEKANBARU, SENUJU.COM - Ledakan lelo atau meriam Kerajaan Gunung Sahilan yang terjadi pada Rabu kemarin tidak hanya meninggalkan kesedihan mendalam bagi keluarga korban.Meriam kerajaan yang ...
PEKANBARU, SENUJU.COM - Pasca dilakukannya penggalian di tempat mengandung dugaan purbakala (eskavasi) susunan batu bata yang diduga candi di kawasan Candi Muara Takus Kabupaten Kampar, ...
PEKANBARU, SENUJU.COM - Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen, menyebutkan, jika memang penemuan pecahan bebatuan di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar merupakan situs, ...
PEKANBARU, SENUJU.COM - Kejadian aneh mengiringi penemuan peninggalan kuno yang diduga bagian dari cagar budaya Candi Muara Takus di Kabupaten Kampar, Riau, dan menimpa para ...
INHIL, SENUJU.COM - Untuk memeriahkan peringatan Milad ke-22 Kecamatan Gaung, Pemerintah Kecamatan dan masyarakat Gaung menyelenggarakan Lomba Sampan Selodang tingkat. Lomba ini diikuti oleh satu ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED