LAMR: Gubernur Digelari Setia Amanah, Caci Maki adalah Cara Tak Beradat, dan Pengecut

Kamis, 28 Des 2017 - 17:33:19 WIB
Dibaca 243 Kali

PEKANBARU, SENUJU.COM - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) angkat bicara soal pencoretan gambar Gubernur Riau di spanduk-spanduk yang tersebar di beberapa titik. Pihak LAMR sangat menyayangkan atas cara-cara yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab.

Cara seperti itu dianggap cara yang tidak beradat. Sebagai pemegang gelar Datuk Sri Setia Amanah, Gubernur merupakan pemimpin yang dipercaya oleh masyarakat.

"Itu adalah cara yang tidak beradat. Bagi kami itu sudah melanggar aturan adat. Apa pun motifnya," kata Ketua Majelis Kerapatan Adat LAMR, Al Azhar, Kamis (28/12/2017).

Caci maki kepada gubernur dalam bentuk coret-coretan berupa tulisan dan gambar yang tidak pantas dianggap mencederai asas kesantunan.

"Ketidakpatutan yang ditabraknya adalah nilai kesantunan. Karena menyangkut bahasa," lanjut Al Azhar.

Masyarakat Riau, kata Al Azhar, merupakan kesatuan yang menjunjung tinggi serta menghormati nilai-nilai kesantunan, bukan melabrak aturan-aturan yang sudah ditetapkan. "Bukan melabrak, cara seperti ini adalah cara pengecut," tegasnya.

Pencoretan gambar di spanduk-spanduk tersebut juga membuat sejumlah spekulasi di tengah-tengah masyarakat. Menurut Al Azhar, ada yang berpikiran bahwa yang mencoret itu adalah lawan-lawan politiknya.

"Tahun depan merupakan Pilgub, dan hawanya sudah terasa dari sekarang. Ini harus segera diselesaikan, karena sudah banyak spekulasi bermunculan dari masyarakat," jelas Al Azhar.

Ia menegaskan, di sini peran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang bisa dibantu oleh Satpol PP. Sementara dari pihak penegak hukum adalah pihak kepolisian. "Ini tidak bisa dibiarkan, karena dikhawatirkan akan terjadi hal yang lebih kasar lagi," ungkapnya.

 

Tak Ada Piring yang Pecah

Berdasarkan catatan Lembaga Adat Melayu Riau, pemilihan gubernur Riau yang sudah-sudah tidak pernah menimbulkan polemik yang begitu dahsyat.

Secara adat, kata Al Azhar, hampir tidak ada yang dilanggar. "Kita ingin mempertahankan prestasi Pilgub Riau yang lalu-lalu," kata Al Azhar.

Untuk itu, Ia meminta agar pihak yang bersangkutan secepatnya menyelesaikan persoalan ini. Karena Ia tidak ingin Pilgub Riau tahun 2018 tercederai oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab seperti ini.

"Sudah berkali-kali kita melaksanakan Pilgub, tidak ada piring yang pecah. Kita ingin mempertahankan prestasi itu," jelasnya.

Kembali Ia berpesan, jika memang ada pihak atau perorangan yang tidak suka atau menganggap Gubernur Riau tidak amanah, bisa datang langsung ke Balat Adat LAMR.

"Ada tata caranya, bukan seperti ini. Silakan datang ke LAMR dan sampaikan sesuai data, jadi ada aturannya," papar Al Azhar.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Riau untuk tidak menggunakan cara-cara di luar ketentuan adat yang sudah ditetapkan. Berdiri di Negeri Melayu, hormati nilai-nilai adat di negeri itu.

 

Penulis: Ryan
Editor: Ryan




TAG :
tinggalkan komentar
berita terkait

PEKANBARU, SENUJU.COM - Sejarawan, Budayawan sekaligus tokoh masyarakat Riau, Prof Suwardi MS juga angkat bicara menyoal percobaan pembakaran Istana Siak oleh oknum yang belum juga ...

Syamsuar: Pembakar Istana Siak Orang Tak Waras

Rabu, 10 Jan 2018 - 10:20:00 WIB

SIAK SRI INDRAPURA, SENUJU.COM - Pelaku percobaan pembakaran Istana Siak hingga saat ini masih belum ditemukan. Namun sejumlah pihak mengklaim bahwa pelakunya diduga stres atau ...

PEKANBARU, SENUJU.COM - Menindaklanjuti instruksi Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Riau Yoserizal Zen melihat langsung kondisi Istana Siak pasca dibakarnya patung ...

PEKANBARU, SENUJU.COM - Gubernur Riau, Datuk Seri Setia Amanah, H Arsyadjuliandi Rachman, menyandarkan asa kepada Dewan Kesenian Riau (DKR) sebagai salah satu wadah pencapai Visi ...

Hujan Memberkahi, Dewan Kesenian Riau Resmi Dikukuhkan

Minggu, 31 Des 2017 - 20:54:07 WIB

PEKANBARU, SENUJU.COM - Malam jelang pergantian tahun 2018 menjadi momen Pengukuhan Kepengurusan Dewan Kesenian Riau (DKR) masa khidmat 2017-2022. Pengukuhan sendiri langsung dilakukan oleh Gubernur ...


KABAR TERKINI

bergabung disini
KABAR POPULER