Inhil Buka Pencanangan Kampung KB, Wardan: Yang Penting Aplikasinya

Kamis, 28 Des 2017 - 17:18:15 WIB
Dibaca 241 Kali

INHIL, SENUJU.COM - Guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat desa/ kelurahan dalam mewujudkan keluarga kecil yang sejahtera dan meningkatkan pengetahuan pembangunann berwawasan kependudukan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau memberi mandat kepada seluruh kabupaten/ kota se-Provinsi Riau agar membentuk kampung Keluarga Berencana (KB).

Kampung KB ini memiliki slogan nasional Meretas Indonesia Sejahtera 'Melalui program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Mulai dari Pinggiran.' Sedangkan mottonya ialah 'Dua Anak Cukup Menuju Keluarga Indonesia Berkualitas'.

Pencanangan Kampung KB tahun 2017 ini berpusat di Kelurahan Pangkalan 7 Kecamatan Tempuling. Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs HM Wardan MP secara resmi membuka Pencanangan Kampung KB se-Inhil yang ditandai dengan pemukulan gong di halaman Kantor Lurah Pangkalan 7, Kamis (28/12/2017) pagi. 

Pada kesempatan itu Bupati didampingi oleh unsur Forkopimda Inhil, sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemkab Inhil, Camat Tempuling, Camat Batang Tuaka, Camat Tembilahan, unsur Forkopimcam Tempuling, Kepala BKKBN Provinsi Riau, tokoh agama, tokoh masyarakat, Ketua TP-PKK Inhil Hj Zulaikhah Wardan S.Sos ME, Ketua TP-PKK Kecamatan Tempuling, anggota Forum Gerenari Berencana (Genre) Inhil, dan para undangan. 

Acara disejalankan dengan peresmian kampung KB Pangkalan 7 ditandai dengan penandatanganan prasasti kampung KB dan pembukaan selubung tugu kampung KB, peresmian balai penyuluh KB pangkalan 7 ditandai dengan pembukaan selubung balai penyuluh, peresmian kelompok kegiatan PPKBD, BKB, BKL, UPPKS, dan PAUD ditandai dengan pembukaan selubung plang nama. Selain itu acara dimeriahkan dengan kegiatan orientasi di 8 kecamatan, juga Gebyar Kampung KB. 

Camat Tempuling, Ridwan S.Sos M.Si bersyukur atas terselenggaranya pencanangan kampung KB ini yang sebelumnya sempat tertunda. "Alhamdulillah hari ini dapat dilaksanakan pencanangan kampung KB. Kampung KB ini merupakan salah satu program presiden RI. Kampung KB ini harus dimulai dari pinggiran," ucapnya. 

Ia menyatakan bahwa KB sudah lama dilaksanakan, namun saat ini digalakkan kembali sesuai dengan nawacitanya. "Kelurahan Pangkalan 7 ini merupakan kelurahan baru, yang mekar dari Kelurahan Sungai Salak. Pembangunannya sangat pesat. Masyarakat selalu mendukung kegiatan di sini. Dan mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini masyarakat akan menyadari pentingnya pembangunan khususnya di bidang KB. Mudah-mudahan kelurahan ini terus berkembang dan masyarakatnya maju jaya," harapnya. 

Sementara itu Bupati Inhil dalam sambutannya mengingatkan agar pencanangan ini tidak hanya sekedar kegiatan ceremonial saja. "Ceremonial penting tapi yang paling penting itu adalah aplikasinya. DP2KBP3A adalah dinas yang harusnya mengajak, dan berkoordinasi dengan dinas-dinas lain untuk mendukung KB," ujarnya. 

Orang nomor 1 di Inhil ini merasa bangga karena seluruh kecamatan di Inhil telah membentuk Kampung KB masing-masing. "Saya sudah menandatangani untuk pembentukan Kampung KB se-Inhil

Target secara nasional seluruh kecamatan adalah sebesar 50%. Tapi di Inhil sudah mencapai 100%," sebut Wardan. 

Di samping itu ia akan menstresing agar penyelenggaraan program KB ini tidak sebatas slogan saja. "Yang paling penting bagaimana setelah ini. Saya harap mulai bergerak hari ini. Didata penduduknya, kemudian beberapa bulan ke depan kita evaluasi apa yang didapatkan dari pencanangan ini," paparnya. 

Bupati Kelapa ini juga menerangkan bahwa program KB pernah berjaya di Indonesia. "Betapa dunia mengagumi tentang keberhasilan KB di negara kita. Ini harus disosialisasikan kembali terutama kepada generasi muda kita. Mari kita berdayakan potensi yang ada di Inhil. mendidik generasi muda aktif dan kreatif. Program ini bisa disinergikan melalui program DMIJ," tutupnya.

Usai acara tersebut, Bupati dan rombongan bertolak ke Pos Pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 Polres Inhil di simpang 4 desa Rumbai Jaya Kecamatan Kempas. 

(Humas)


tinggalkan komentar
berita terkait
PEKANBARU, SENUJU.COM- Sebanyak 6,8 Ton komoditas bahan asal hewan dan tumbuhan, dimusnahkan Balai Karantina Pertanian Klas l Pekanbaru, Senin (10/9/2018) sore.Pemusnahan tersebut dilakukan karena, bahan ...
KEMPAS, INHIL - SENUJU.COM : Ketakutan karena tak mempunyai data administratif, seorang warga Belilas, Indragiri Hulu (Inhu), nekad melahirkan di depan teras warga Kempas, Inhil, ...
KEMPAS, INHIL - SENUJU.COM : Dalam rangka memperingati HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 67, bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Kempas, IBI Sekretariat Inhil Ranting Kempas ...
PEKANBARU, SENUJU.COM-Hasil kajian Majlis Ulama Indonesia (MUI) menyebutkan vaksin Measles Rubella (MR) positif mengandung unsur babi dan human deploid. Hasil kajian ini semakin membuat masyarakat ...
SELATPANJANG, SENUJU. COM-Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, menyikapi serius isu vaksin Measies Rubella (MR) yang disebut sebut belum mengantongi Sertifikat Halal dari MUI, ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED