Sebanyak 2020 Pelajar Riau Serentak Menari Zapin di Festival Seni Budaya Melayu.

Pekanbaru Godok Aturan Pemakaian Tanjak Hingga Musik Melayu

Rabu, 27 Des 2017 - 10:31:32 WIB
Dibaca 527 Kali

PEKANBARU, SENUJU.COM - Penguatan sektor pariwisata terus dikuatkan pemerintah kabupaten dan kota di Provinsi Riau. Seluruhnya hampir sepakat menjadikan Pusat Kebudayaan Melayu di Asia Tenggara Tahun 2020.

Seperti Kota Pekanbaru. Sebagai ibukota Provinsi Riau, Pekanbaru menjadi tumpuan kedatangan bagi wisatawan. Dinas Pariwisata Kota Pekanbarumenjaring wisatawan asal negeri jiran Malaysia dengan mengedepankan budaya sebagai daya tarik.

"Ke depan akan ada pagelaran budaya Melayu secara rutin di taman, rumah singgah dan hotel-hotel," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Pekanbaru, Ardiansyah.

Pihaknya juga mengatakan akan berkoordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Pekanbaru. Selain menampilkan budaya melayu secara langsung. Ia mengatakan pihaknya juga akan mendorong agar hotel-hotel, bandara dan tempat umum lainnya dapat memutar musik melayu bagi pengunjung.

Rencana tersebut akan dituangkan dalam Peraturan Wali Kota (Perwako) Pekanbaru yang direncanakan akan selesai disusun pada Desember 2017 ini. "Dalam Perwako nanti juga diatur bagaimana membudayakan memakai tanjak pada hari-hari tertentu," tuturnya.

Konsulat Malaysia di Pekanbaru menyambut baik rencana Pemerintah setempat untuk mendorong budaya melayu di masyarakat. Konsul Malaysia di Pekanbaru, Hardi Hamdi, mengatakan wisatawan Malaysia tertarik mengujungi ibukota Provinsi Riau tersebut karena persamaan budaya.

"Salah satu daya tarik wisatawan Malaysia ke Pekanbaru adalah persamaan budaya. Mereka tertarik ke Pekanbaru dan Riau karena masyarakat di sini masih kental budaya melayu," kata Hardi.

Ia menuturkan, data yang diperoleh Konsulat Malaysia, setiap bulan terdapat 3.000 wisatawan Malaysia mengunjungi Pekanbaru dan Riau pada 2017 lalu. "Tahun ini kita belum ada datanya, namun yang pasti kemungkinan besar pasti bertambah," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengatakan Konsulat Malaysia terus mendorong pembangunan pariwisata di Kota Pekanbaru serta Riau secara umum dengan mengundang investor Negeri Jiran itu menanamkan modalnya di Bumi Lancang Kuning.


Editor: Ryan


tinggalkan komentar
berita terkait
PEKANBARU, SENUJU.COM - Ledakan lelo atau meriam Kerajaan Gunung Sahilan yang terjadi pada Rabu kemarin tidak hanya meninggalkan kesedihan mendalam bagi keluarga korban.Meriam kerajaan yang ...
PEKANBARU, SENUJU.COM - Pasca dilakukannya penggalian di tempat mengandung dugaan purbakala (eskavasi) susunan batu bata yang diduga candi di kawasan Candi Muara Takus Kabupaten Kampar, ...
PEKANBARU, SENUJU.COM - Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen, menyebutkan, jika memang penemuan pecahan bebatuan di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar merupakan situs, ...
PEKANBARU, SENUJU.COM - Kejadian aneh mengiringi penemuan peninggalan kuno yang diduga bagian dari cagar budaya Candi Muara Takus di Kabupaten Kampar, Riau, dan menimpa para ...
INHIL, SENUJU.COM - Untuk memeriahkan peringatan Milad ke-22 Kecamatan Gaung, Pemerintah Kecamatan dan masyarakat Gaung menyelenggarakan Lomba Sampan Selodang tingkat. Lomba ini diikuti oleh satu ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED