Sebanyak 2020 Pelajar Riau Serentak Menari Zapin di Festival Seni Budaya Melayu.

Pekanbaru Godok Aturan Pemakaian Tanjak Hingga Musik Melayu

Rabu, 27 Des 2017 - 10:31:32 WIB
Dibaca 660 Kali

PEKANBARU, SENUJU.COM - Penguatan sektor pariwisata terus dikuatkan pemerintah kabupaten dan kota di Provinsi Riau. Seluruhnya hampir sepakat menjadikan Pusat Kebudayaan Melayu di Asia Tenggara Tahun 2020.

Seperti Kota Pekanbaru. Sebagai ibukota Provinsi Riau, Pekanbaru menjadi tumpuan kedatangan bagi wisatawan. Dinas Pariwisata Kota Pekanbarumenjaring wisatawan asal negeri jiran Malaysia dengan mengedepankan budaya sebagai daya tarik.

"Ke depan akan ada pagelaran budaya Melayu secara rutin di taman, rumah singgah dan hotel-hotel," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Pekanbaru, Ardiansyah.

Pihaknya juga mengatakan akan berkoordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Pekanbaru. Selain menampilkan budaya melayu secara langsung. Ia mengatakan pihaknya juga akan mendorong agar hotel-hotel, bandara dan tempat umum lainnya dapat memutar musik melayu bagi pengunjung.

Rencana tersebut akan dituangkan dalam Peraturan Wali Kota (Perwako) Pekanbaru yang direncanakan akan selesai disusun pada Desember 2017 ini. "Dalam Perwako nanti juga diatur bagaimana membudayakan memakai tanjak pada hari-hari tertentu," tuturnya.

Konsulat Malaysia di Pekanbaru menyambut baik rencana Pemerintah setempat untuk mendorong budaya melayu di masyarakat. Konsul Malaysia di Pekanbaru, Hardi Hamdi, mengatakan wisatawan Malaysia tertarik mengujungi ibukota Provinsi Riau tersebut karena persamaan budaya.

"Salah satu daya tarik wisatawan Malaysia ke Pekanbaru adalah persamaan budaya. Mereka tertarik ke Pekanbaru dan Riau karena masyarakat di sini masih kental budaya melayu," kata Hardi.

Ia menuturkan, data yang diperoleh Konsulat Malaysia, setiap bulan terdapat 3.000 wisatawan Malaysia mengunjungi Pekanbaru dan Riau pada 2017 lalu. "Tahun ini kita belum ada datanya, namun yang pasti kemungkinan besar pasti bertambah," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengatakan Konsulat Malaysia terus mendorong pembangunan pariwisata di Kota Pekanbaru serta Riau secara umum dengan mengundang investor Negeri Jiran itu menanamkan modalnya di Bumi Lancang Kuning.


Editor: Ryan


tinggalkan komentar
berita terkait
PEKANBARU, Senuju.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan terima penghargaan Bintang Legiun Veteran dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), saat upacara memperingati Hari Pahlawan ...
TELUK KUANTAN, SENUJU.COM- Memperingati tahun baru Islam ke- 1440 H, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi bekerjasama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) ...
TELUK KUANTAN, SENUJU.COM- Masyarakat Desa sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kunsing, menggelar 'Makan Basamo' usai pacu jalur evan nasional 2018. Itu merupakan bentuk rasa syukur ...
PEKANBARU, SENUJU.COM-Gempa bumi yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Ahad (5/8/2018) yang lalu, membuat sejumlah komunitas di Pekanbaru menggelar aksi penggalangan dana.Aksi ini ...
PEKANBARU, SENUJU.COM-Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Provinsi Riau Yoserizal Zein optimistis Riau akan menjadi pusat kebudayaan Melayu di Asia Tenggara pada 2020. Ini sejalan dengan Visi ...

KABAR TERKINI


bergabung disini
KABAR POPULER
© 2017 SENUJU.COM - ALL RIGHTS RESERVED