Pemkab dan Dewan Apresiasi "Ketunakan" Sanggar Bathin Galang

Senin, 25 Des 2017 - 19:39:09 WIB
Dibaca 177 Kali

SELATPANJANG, SENUJU.COM - Helat Music For Mangrove, Bokor World Music Festival Tahun 2017 kembali digelar di Tepian Sungai Wisata Desa Bokor, Sabtu (23/12/2017) malam.

Panggung musik kelas dunia tersebut, dibuka secara resmi oleh Bupati Meranti Drs H. Irwan Msi yang diwakili oleh Asisten I Bidang Kesejahteraan Masyarakat, Jonizar SH Msi.

Turut menghadiri Asisten I Jonizar SH Msi, Ketua DPRD Meranti Fauzi Hasan, Sektaris Disprindag dan UKM Ramdan, Camat Rangsang Barat Said Zamhur, Kepala Desa Bokor Aminnullah, Kapolsek Rangsang Barat Iptu Pangaribuan, serta pecinta seni yang berkunjung dalam iven tersebut.

Ketua Pelaksana, Sopandi, Sos menyampaikan ribuan terimakasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Meranti yang sudah memberikan dukungan. 

"Bokor World Music Festival yang ketigakalinya ini, kita mendapatkan berbagai dukungan," tutur lelaki yang akrab disapa Sopandi Bathin Galang ini saat menyampaikan sambutannya.

Selain itu, Sopandi juga mengungkapkan Bokor World Music Festival ditaja dalam rangka memadukan kekayaan tradisi di Riau, khususnya Meranti agar setara dengan iven-iven tingkat dunia.

"Karena terbatasnya anggaran, kita membuat acara sanggat sederhana. Dengan mengangkat khas magrove sebagai konsep dan ruh semangat. Alhamdulillah banyak seniman dari Riau maupun luar Riau sudi datang dan menyumbangkan karyanya untuk bertandang ke Bokor," jelasnya.

Ketua DPRD Meranti Fauzi Hasan, saat menghadiri acara, menyampaikan apresiasi atas kegigihan Sopandi dalam menggagas acara semeriah dan semegah ini. Semangatnya dalam membangun kampung halaman agar tercuat dan diperhitungkan hingga internasional adalah hal yang luar biasa sebagai anak watan.

"Cara membagun, bukan hanya menjadi anggota DPRD saja, atau pejabat daerah. Ini adalah salah satu usaha membagun, yakni memaksimalkan membagun dalam bidang kesenian. Semua sanggar yang ada di Meranti, Sanggar Kepurun, Bathin Galang, Sanggar Kemas, dan lain-lain sangat berpatisipasi dalam pembangunan Kabupaten Kepulauan Meranti. Ini harus bekerjasama dengan Disparpora Meranti ke depannya," ucap Ketua DPRD Meranti Fauzi Hasan.

Hal senada juga dituturkan, Bupati Kepulauan Meranti yang diwakil Jonizar SH saat membuka acara secara resmi. "Karya dan iven-iven yang digagas oleh Sanggar Bathin Galang ini sudah menjadi perhitungan dan perbincangan oleh pihak Pemkab, sebab ketunakannya dan konsistensinya menggelar acara," ucap Jonizar.

Jonizar juga menyampaikan, tentunya perlu kerjasama untuk mempromosikan kesenian di Kepulauan Meranti. Kesenian yang tumbuh di masyarakat harus didukung oleh lembaga pemerintahan yang bernaung dibidangnya, seperti Disparpora Kepulauan Meranti.

"Kami dari Pemerintah Daerah mendukung kualitas pelaku seni Kabupaten Meranti, yang selama ini sudah berani berbuat dalam mengembangkan iven bertarap dunia dengan baik. Demikian, kita harus memikirkan itu ke depanya. Apresiasi buat insan seni yang ada di daerah kita," tutupnya.

 

Laporan: Aldo
Editor: Redaksi




TAG :
tinggalkan komentar
berita terkait

PEKANBARU, SENUJU.COM - Sejarawan, Budayawan sekaligus tokoh masyarakat Riau, Prof Suwardi MS juga angkat bicara menyoal percobaan pembakaran Istana Siak oleh oknum yang belum juga ...

Syamsuar: Pembakar Istana Siak Orang Tak Waras

Rabu, 10 Jan 2018 - 10:20:00 WIB

SIAK SRI INDRAPURA, SENUJU.COM - Pelaku percobaan pembakaran Istana Siak hingga saat ini masih belum ditemukan. Namun sejumlah pihak mengklaim bahwa pelakunya diduga stres atau ...

PEKANBARU, SENUJU.COM - Menindaklanjuti instruksi Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Riau Yoserizal Zen melihat langsung kondisi Istana Siak pasca dibakarnya patung ...

PEKANBARU, SENUJU.COM - Gubernur Riau, Datuk Seri Setia Amanah, H Arsyadjuliandi Rachman, menyandarkan asa kepada Dewan Kesenian Riau (DKR) sebagai salah satu wadah pencapai Visi ...

Hujan Memberkahi, Dewan Kesenian Riau Resmi Dikukuhkan

Minggu, 31 Des 2017 - 20:54:07 WIB

PEKANBARU, SENUJU.COM - Malam jelang pergantian tahun 2018 menjadi momen Pengukuhan Kepengurusan Dewan Kesenian Riau (DKR) masa khidmat 2017-2022. Pengukuhan sendiri langsung dilakukan oleh Gubernur ...


KABAR TERKINI

bergabung disini
KABAR POPULER