Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen.

Dirjenbud: Jangan Gado-gado, Dukung Penuh Riau Jadi Pusat Kebudayaan Melayu

Selasa, 19 Des 2017 - 09:41:08 WIB
Dibaca 177 Kali

PEKANBARU, SENUJU.COM - Dukungan Pemerintah Pusat menjadi Riau sebagai Pusat Kebudayaan Melayu di Asia Tenggara Tahun 2020 tidak tanggung-tanggung. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI meminta dukungan penuh seluruh provinsi di Indonesia untuk mengejar target tersebut.

Hal itu tertuang dalam Rapat Evaluasi, Sinergisitas dan Sinkronisasi antara Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI bersama seluruh kepala dinas kebudayaan se-Indonesia, di Jakarta, Senin (18/12/2017) kemarin.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen yang turut hadir dalam rapat tersebut mengapresiasi langkah dan kebijakan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI untuk menguatkan kearifan lokal, terutama terkait kebudayaan di masing-masing provinsi.

"Dukungan itu begitu jelas dan nyata ketika seluruh provinsi diminta mendukung target kita dalam menjadikan Riau sebagai Pusat Kebudayaan Melayi di Asia Tenggara," jelas Yoserizal melalui sambungan telepon, Selasa (19/12/2017).

Kata Atuk Yos (biasa disapa), dukungan yang diminta juga berlaku sebaliknya. Artinya, setiap provinsi diminta untuk fokus mengembangkan budaya atau kearifan lokal asli dan kuat, serta sekaligus mencirikan daerah itu sendiri.

"Jadi bahasanya jangan gado-gado, itu permintaan Pak Dirjen. Misal Reok, ya Reok saja, jangan dicampur dengan lainnya. Seperti kita Pusat Zapin, itu harus didukung provinsi lain. Kita juga akan mendukung kebudayaan provinsi lainnya," jelas Yoserizal.

Terkait target Riau sebagai Pusat Kebudayaan Melayu di Asia Tenggara 2020 ini, dikatakan Yoserizal, Dirjen berpesan agar tetap mendasarinya dengan bahasa dan sastra.

"Itu pesan Pak Dirjen. Tetap tidak meninggalkan dasar bahasa dan sastra," tegas Yoserizal.

Dalam pertemuan itu juga disampaikan bantuan untuk masing-masing provinsi membangun museum melalui dana APBN. "Besarannya belum pasti, tapi kita sudah merumbukkan apa yan akan dibangun di Riau, salah satunya Sirkuit Gasing," tutup Yoserizal.


Penulis: Ryan
Editor: Ryan




TAG :
tinggalkan komentar
berita terkait

PEKANBARU, SENUJU.COM - Sejarawan, Budayawan sekaligus tokoh masyarakat Riau, Prof Suwardi MS juga angkat bicara menyoal percobaan pembakaran Istana Siak oleh oknum yang belum juga ...

Syamsuar: Pembakar Istana Siak Orang Tak Waras

Rabu, 10 Jan 2018 - 10:20:00 WIB

SIAK SRI INDRAPURA, SENUJU.COM - Pelaku percobaan pembakaran Istana Siak hingga saat ini masih belum ditemukan. Namun sejumlah pihak mengklaim bahwa pelakunya diduga stres atau ...

PEKANBARU, SENUJU.COM - Menindaklanjuti instruksi Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Riau Yoserizal Zen melihat langsung kondisi Istana Siak pasca dibakarnya patung ...

PEKANBARU, SENUJU.COM - Gubernur Riau, Datuk Seri Setia Amanah, H Arsyadjuliandi Rachman, menyandarkan asa kepada Dewan Kesenian Riau (DKR) sebagai salah satu wadah pencapai Visi ...

Hujan Memberkahi, Dewan Kesenian Riau Resmi Dikukuhkan

Minggu, 31 Des 2017 - 20:54:07 WIB

PEKANBARU, SENUJU.COM - Malam jelang pergantian tahun 2018 menjadi momen Pengukuhan Kepengurusan Dewan Kesenian Riau (DKR) masa khidmat 2017-2022. Pengukuhan sendiri langsung dilakukan oleh Gubernur ...


KABAR TERKINI

bergabung disini
KABAR POPULER